LKPD 6 SISTEM PENCERNAAN MAKANAN
BIOLOGI SMA KELAS XI
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 6
SISTEM PENCERNAAN MAKANAN
Kompetensi Dasar :
3.7. Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia.
4.7. Menyajikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam
berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu
serta teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Melalui penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Sintak George lucas dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, peserta didik mampu menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem pencernaan dalam kaitannya dengan nutrisi, bioproses dan gangguan fungsi yang dapat terjadi pada sistem pencernaan manusia dan peserta didik mampu menyajikan laporan hasil uji zat makanan yang terkandung dalam berbagai jenis bahan makanan dikaitkan dengan kebutuhan energi setiap individu serta teknologi pengolahan pangan dan keamanan pangan, sehingga peserta didik mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Makan, diet, obesitas, kurus.... kata-kata yang dalam keseharian menjadi tema yang sering diperbincangkan. Setip hari orang akan selalu memikirkan makan, ada juga orang yang tergila-gila akan diet demi kurus dengan alasan ingin sehat, lawan katanya tentu obesitas, hal yang mengerikan dalam pikiran setiap orang.
Buatlah beberapa pertanyaan dari pernyataan di atas!
Buatlah kelompok belajar menjadi 10 kelompok :
Setiap kelompok melakukan kegiatan berikut!
Klik link berikut untuk mengawali pembelajaran sistem pencernaan dengan menghitung berat ideal :
https://www.biologismaaraa.id/2022/11/praktik-menghitung-menghitung-berat.html
Klik link berikut untuk praktik uji zat makanan :
https://www.biologismaaraa.id/2022/11/praktik-uji-zat-makanan.html
Selanjutnya setiap kelompok silahkan melakukan kegiatan sesuai tema kelompok berikut!
Kelompok proses pencernaan makanan, untuk petunjuk bekerja, klik link berikut : https://www.biologismaaraa.id/2022/11/lkpd-proses-pencernaan-makanan.html
Kelompok organ mulut, untuk petunjuk bekerja, klik link berikut : https://www.biologismaaraa.id/2022/11/lkpd-rongga-mulut-cavum-oris.html,
Kelompok organ kerongkongan
Kelompok organ usus halus
Kelompok organ lambung
Kelompok organ pankreas
Kelompok organ hati
Kelompok organ usus besar
Kelompok organ rektum/anus
Kelompok kelainan sistem pencernaan dan teknologi sistem pencernaan
Simaklah presentasi dari setiap kelompok dan penguatan materi dari gurumu. Kemudian isilah latihan berikut sesuai sesi dari setiap presentasi kelompok!
KARBOHIDRAT
1. Apa yang dimaksud dengan karbohidrat secara struktur kimia!
2. Sebutkan 3 golongan karbohidrat secara kimia beserta contohya!
3. Sebutkan 3 bahan makanan yang mengandung karbohidrat!
4. Jelaskan proses pencernaan karbohidrat di dalam tubuh melalui bagan!
PROTEIN
1. Apakah yang dimaksud dengan protein secara struktur kimia?
2. Sebutkan 2 golongan asam amino, beserta contohnya!
3. Sebutkan 2 macam protein berdasarkan sumbernya!
4. Jelaskan proses pencernaan protein melalui bagan!
LEMAK
1. Apa yang dimaksud dengan lemak secara struktur kimia!
2. Sebutkan 3 golongan lemak secara kimia beserta contohnya!
3. Sebutkan 2 macam lemak berdasarkan sumberya, beserta contohnya!
4. Sebutkan dan jelaskan 2 macam asam lemak, beserta contohnya!
5. Jelaskan proses pencernaan lemak di dalam tubuh melalui bagan!
MINERAL
1. Apakah yang dimaksud dengan mineral!
2. Sebutkan 2 macam mineral beserta contohnya masing-masing!
VITAMIN
1. Apakah yang dimaksud dengan vitamin!
2. Sebutkan 2 macam vitamin berdasarkan sifatnya! Tuliskan beserta contohya!
AIR DAN ZAT ADITIF
1. Jelaskan pengaruh air terhadap tubuh!
2. Jelaskan pengaruh zat aditif (pewarna, penyedap, pengawet, pengenyal, pemanis buatan) terhadap tubuh!
MAKANAN BERSERAT
1. Apa yang dimaksud dengan makanan berserat!
2. Jelaskan fungsi makanan berserat bagi tubuh!
PROSES PENCERNAAN MAKANAN
a. Pencernaan mekanik adalah pencernaan yang dilakukan oleh gigi di dalam mulut.
b. Pencernaan kimiawi adalah pencernaan yang melibatkan enzim, terjadi di dalam mulut, lambung, dan usus.
Lengkapilah tabel proses pencernaan makanan berikut!
No |
Organ Pencernaan |
Fungsi |
Proses Pencernaan
(isi denga tanda ceklist atau tanda silang) |
|
Mekanis |
Kimiawi |
|||
1. |
Mulut |
|
|
|
2. |
Kerongkongan |
|
|
|
3. |
Lambung |
|
|
|
4. |
Pankreas |
|
|
|
5. |
Hati |
|
|
|
6. |
Usus halus a. Duodenum b. Jejenum c. Ileum
|
|
|
|
7. |
Usus besar a. Usus
naik b. Usus
datar c. Usus
turun |
|
|
|
8. |
Rektum |
|
|
|
GANGGUAN PENCERNAAN MAKANAN
Pilih salah satu untuk dijelaskan tentang penjelasan penyakit, gejala, penanganan, pencegahan (Tulis pada selembar kertas A4)
1. Gastritis
2. Konstipasi
3. Pankreasitis
4. Diare
5. Flatus
6. Sariawan
7. Apendisitis
8. Malnutrisi
9. Malabsorpsi
10. Parositis
11. Peritonitis
12. Kolik abdomen
13. Ulkus peptikum
14. Karies gigi
TEKNOLOGI SISTEM PENCERNAAN MAKANANby Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek
Sumber gambar :
https://www.sangdaya.com/2020/07/menu-makan-siang-yang-diperlukan-oleh.html, diunduh pada tanggal 06 November 2022 Pukul 21.51.
https://www.cookist.com/8-different-ways-of-managing-the-diet/, diunduh pada tanggal 06 November 2022 Pukul 21.53.
https://blog.dutrition.com/how-to-make-a-diet-plan/, diunduh pada tanggal 06 November 2022 Pukul 21.54.
https://www.tonfeb.com/2017/05/mitos-sehat-meski-obesitas.html, diunduh pada tanggal 06 November 2022 Pukul 21.58.
Comments
Post a Comment