LKPD Proses Pencernaan Makanan
MATERI BIOLOGI KELAS XI
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK
PROSES PENCERNAAN MAKANAN
A. TUJUAN
Menganalisis proses pencernaan makanan
B. ALAT DAN BAHAN
1. Kertas karton
2. Pinsil warna/spidol warna
3. Buku sumber/google
C. CARA KERJA
1. Analisislah proses pencernaan makanan melalui buku paket dan/atau google
2. Diskusikan dengan anggota kelompok
3. Tuliskan hasil analisis dan diskusi pada tabel
3. Salin tabel pada kertas karton untuk ditempel di kelas atau pada media lain yang kalian minati (powerpoint/video/infografis dll) sebagai media presentasi di kelas.
Catatan : untuk kreativitas boleh dibantu fasilitas laptop untuk print berbagai keperluan kreativitas kalian.
D. DATA HASIL PENGAMATAN
No |
Tempat
Pencernaan |
Kelenjar |
Zat Makanan yang
dicerna |
Zat Hasil Proses
Pencernaan Makanan |
|
Nama |
Sekresi |
||||
1. |
Mulut |
| |||
2. |
Kerongkongan |
| |||
3. |
Lambung |
|
|
|
|
4. |
Pankreas |
|
|
|
|
5. |
Hati |
|
|
|
|
6. |
Usus halus a. Duodenum b. Jejenum c. Ileum |
|
|
|
|
7. |
Usus besar |
|
|
|
|
8. |
Rektum |
|
|
|
|
E. ANALISIS DATA HASIL PENGAMATAN
1. Apakah fungsi dari tiap organ penyusun sistem pencernaan sama?
2. Apakah proses pencernaan dari tiap organ penyusun sistem pencernaan sama?
3. Organ apa sajakah yang di dalamnya berlangsung pencernaan secara mekanis dan kimiawi?
4. Organ apa sajakah yang bekerja sebagai saluran pencernaan makanan?
5. Organ apa sajakah yang bekerja sebagai kelenjar pencernaan makanan tanpa dilalui makanan?
6. Organ apa sajakah yang bekerja sebagai kelenjar pencernaan makanan juga saluran makanan?
F. KESIMPULAN
G. REFLEKSI
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek
Sumber :
Syamsuri, Istamar. dkk.2017. Biologi untuk SMA Kelas XI. Malang. Erlangga.
Comments
Post a Comment