KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA


 Kerangka Materi Biologi SMA Kelas 10


PELESTARIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA

Melalui penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning dan PjBL - STEAM dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, peserta didik mampu :

TUJUAN PEMBELAJARAN : 

1. Peserta didik menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya dalam bentuk tabel/skema/gambar/uraian/video dengan kreatif.

2. Peserta didik melakukan upaya pelestarian berbagai tingkat keanekaragaman hayati di lingkungan SMAN 1 Rancaekek dalam bentuk penanaman tumbuhan berbagai tingkat keanekaragaman hayati ketahanan pangan dengan bergotong royong.

sehingga peserta didik mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

INDIKATOR :

1. Peserta didik menganalisis tingkat keanaekargaman hayati

2. Peserta didik menganalisis keanekaragaman hayati flora dan fauna Indonesia

3. Peserta didik membuat produk manfaat keanekaragaman hayati di lingkungan SMAN 1 Rancaekek 

4. Peserta didik mengevalusi kegiatan manusia yang mempengaruhi keanaekragaman hayati

5. Peserta didik melakukan upaya pelestarian keanekaragaman hayati di lingkungan SMAN 1 Rancaekek

 

A.      PENGERTIAN

Keanekaragaman hayati atau biodiversitas adalah keanekaragaman makhluk hidup yang ditunjukkan dengan adanya variasi makhluk hidup yang meliputi bentuk, penampilan, jumlah (frekwensi), ukuran, warna, serta ciri/sifat lain.

 

B.      TINGKAT KEANEKARGAMAN HAYATI

1.       Tingkat gen

2.       Tingkat spesies/jenis

3.       Tingkat ekosistem

 

C.      KEANEKARAGAMAN HAYATI INDONESIA

1.       Flora, flora Malesiana

2.       
Fauna, garis Weber, garis Wallace

 

D.      MANFAAT KEANEKARAGAMAN HAYATI

1.       Sebagai sumber papan, sandang, pangan.

2.       Sebagai sumber obat-obatan dan kosmetik

3.       Sebagai sumber plasma nutfah

4.       Manfaat ekonomi

5.       Manfaat ekologi

6.       Manfaat ilmu pengetahuan

 

E.       KEGIATAN MANUSIA YANG MEMPENGARUHI KEANEKARAGAMAN HAYATI

1.       Manusia sebagai perusak

2.       Manusia sebagai pemelihara

        a. Pelestarian insitu

        b. Pelestarian eksitu


F.       UPAYA PELESTRAIAN KEANEKARAGAMAN HAYATI

1.       Perlindungan ketat

2.       Pengawetan hutan

3.       Perlindungan margasatwa  


                                                                                                  by Ai Rohimah, S.Pd

                                                                                                                              Guru Biologi SMA Negeri 1 Rancaekek


Sumber :

Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 1. Esis. Jakarta. Erlangga.

Pratiwi, D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Irnaningtiyas. 2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Safitri, Ririn. 2016. Biologi X. Surakarta. CV Mediatama.

Sri Sayeki, Naniek. 2015. Biologi 1. Jakarta. CV Arya Duta.

Sulistyorini, Ari. 2009. Biologi 1. Jakarta. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Sumber :

Pratiwi, D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Irnaningtiyas. 2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Pujiyanto, Sri. Siti Ferniah, Rejeki. 2016. Menjelajahi Dunia Biologi 1. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

Comments

Popular posts from this blog

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

ATP BIOLOGI FASE E TA 2024-2025

LKPD 1 Pertumbuhan dan Perkembangan