PROGRAM TAHUNAN BIOLOGI FASE E KELAS X TA 2024-2025


 

PROGRAM TAHUNAN

TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 

Mata Pelajaran       : IPA-Biologi

Kelas/Semester      : X / Ganjil

 

Fase                      : E

Alokasi Waktu   : 3 JP

 

A.  CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami sistem pengukuran, energi alternatif, ekosistem, bioteknologi, keanekaragaman hayati, struktur atom, reaksi kimia, hukum-hukum dasar kimia, dan perubahan iklim sehingga responsif dan dapat berperan aktif dalam menyelesaikan masalah pada isu-isu lokal dan global. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

 

B.  ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pemahaman

Peserta didik memahami proses klasifikasi makhluk hidup; peranan virus, bakteri, dan jamur dalam kehidupan; ekosistem dan interaksi antarkomponen serta faktor yang mempengaruhi; dan pemanfaatan bioteknologi dalam berbagai bidang kehidupan.

Keterampilan Proses

Mengamati

Peserta didik mengamati fenomena ilmiah dan mencatat hasil pengamatannya dengan memperhatikan karakteristik dari objek yang diamati untuk memunculkan pertanyaan yang akan diselidiki.

Mempertanyakan dan Memprediksi

Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan dan permasalahan yang dapat diselidiki secara ilmiah. Peserta didik menghubungkan  pengetahuan yang telah dimiliki dengan pengetahuan baru untuk membuat prediksi.

Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan

Peserta didik merencanakan penyelidikan ilmiah dan melakukan langkah-langkah operasional berdasarkan referensi yang benar untuk menjawab pertanyaan. Peserta didik melakukan pengukuran atau membandingkan variabel terikat dengan menggunakan alat yang sesuai serta memperhatikan kaidah ilmiah.

Memproses, Menganalisis Data dan Informasi

Peserta didik menafsirkan informasi yang diperoleh dengan jujur dan bertanggung jawab. Peserta didik menganalisis menggunakan alat dan metode yang tepat berdasarkan data penyelidikan dengan menggunakan referensi rujukan yang sesuai, serta menyimpulkan hasil penyelidikan.

Mengevaluasi dan Refleksi

Peserta didik mengidentifikasi sumber ketidakpastian dan kemungkinan penjelasan alternatif dalam rangka mengevaluasi kesimpulan serta menjelaskan cara spesifik untuk meningkatkan kualitas data. Peserta didik menganalisis validitas informasi dan mengevaluasi pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam penyelidikan.

Mengomunikasikan Hasil

Peserta didik mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dan utuh ditunjang dengan argumen ilmiah berdasarkan referensi sesuai konteks penyelidikan.


C.  ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

 

NO

ALUR TUJUAN PEMBELAJARANN

MATERI

ALOKASI WAKTU

1.

Tujuan Pembelajaran

Klasifikasi Makhluk Hidup

 

 10 JP

+

5 JP P5

a.

Peserta didik menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom dalam bentuk tabel/skema/uraian/gambar dengan gotong royong

b.

Peserta didik menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis

c.

Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan dalam bentuk peta konsep (mind mapping) dengan kreatif

d.

Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan dalam bentuk peta konsep (mind mapping) dengan kreatif

e.

Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi dalam bentuk peta konsep (mind mapping) dengan kreatif

2.

Tujuan Pembelajaran

Peranan Virus

8 JP

+

3 JP P5

a.

 

 

 

Peserta didik menganalisis struktur, reflikasi, dan peran virus dalam kehidupan dalam bentuk gambar/replika/skema/uraian dengan mandiri.

b.

Peserta didik melakukan kampanye (peranan virus berbahaya) tentang bahaya virus (cara menjaga diri dari bahaya virus dan cara menanggulangi bahaya virus) dalam kehidupan berdasarkan tingkat virulesinya dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan kreatif.

3.

Tujuan Pembelajaran

Peranan Bakteri

8 JP

+

4 JP P5

a.

Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri bakteri (struktur, cara hidup, reproduksi) dan peran bakteri dalam kehidupan dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis

b.

Peserta didik membuat salah satu produk peranan bakteri dalam kehidupan dalam bentuk sabun kefir dengan gotong royong

4.

Tujuan Pembelajaran

Peranan Fungi

8 JP

+

4 JP P5

a.

Peserta didik mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri (struktur, cara reproduksi) dan mengaitkannya dalam kehidupan dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan kreatif

b.

Peserta didik menyajikan laporan hasil investigasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya dalam kehidupan dalam bentuk laporan dengan gotong royong

Total Alokasi Waktu

34 JP

+

17 JP

 

Total

 

51 JP

 

Tidak dapat memenuhi 108 JP pertahun / 54 JP per semester sesuia KOSP, karena kalender akademik 2024-2025 terdapat tanggal merah di hari efektif.

 

Catatan Kepala Sekolah

..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

                                                             

                                                                                                                                            

PROGRAM TAHUNAN

TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 

Mata Pelajaran       : Biologi

Kelas/Semester      : X / Genap

 

Fase               : E

Alokasi Waktu   : 3 JP

 

A.  CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami sistem pengukuran, energi alternatif, ekosistem, bioteknologi, keanekaragaman hayati, struktur atom, reaksi kimia, hukum-hukum dasar kimia, dan perubahan iklim sehingga responsif dan dapat berperan aktif dalam menyelesaikan masalah pada isu-isu lokal dan global. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs).

 

B.  ELEMEN CAPAIAN PEMBELAJARAN

 

ELEMEN

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Pemahaman

Peserta didik memahami proses klasifikasi makhluk hidup; peranan virus, bakteri, dan jamur dalam kehidupan; ekosistem dan interaksi antarkomponen serta faktor yang mempengaruhi; dan pemanfaatan bioteknologi dalam berbagai bidang kehidupan.

Keterampilan Proses

Mengamati

Peserta didik mengamati fenomena ilmiah dan mencatat hasil pengamatannya dengan memperhatikan karakteristik dari objek yang diamati untuk memunculkan pertanyaan yang akan diselidiki.

Mempertanyakan dan Memprediksi

Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan dan permasalahan yang dapat diselidiki secara ilmiah. Peserta didik menghubungkan pengetahuan yang telah dimiliki dengan pengetahuan baru untuk membuat prediksi.

Merencanakan dan Melakukan Penyelidikan

Peserta didik merencanakan penyelidikan ilmiah dan melakukan langkah-langkah operasional berdasarkan referensi yang benar untuk menjawab pertanyaan. Peserta didik melakukan pengukuran atau membandingkan variabel terikat dengan menggunakan alat yang sesuai serta memperhatikan kaidah ilmiah.

Memproses, Menganalisis Data dan Informasi

Peserta didik menafsirkan informasi yang diperoleh dengan jujur dan bertanggun jawab. Peserta didik menganalisis menggunakan alat dan metode yang tepat berdasarkan data penyelidikan dengan menggunakan referensi rujukan yang sesuai, serta menyimpulkan hasil

penyelidikan.

Mengevaluasi dan Refleksi

Peserta didik mengidentifikasi sumber ketidakpastian dan kemungkinan penjelasan alternatif dalam rangka mengevaluasi kesimpulan serta menjelaskan cara spesifik untuk meningkatkan kualitas data. Peserta didik menganalisis validitas informasi dan mengevaluasi pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam penyelidikan.

Mengomunikasikan Hasil

Peserta didik mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dan utuh ditunjang dengan argumen ilmiah berdasarkan referensi sesuai konteks penyelidikan.

 

C.  ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN

 

NO

ALUR TUJUAN PEMBELAJARANN

MATERI

ALOKASI WAKTU

1.

Tujuan Pembelajaran

Ekosistem

 

10 JP

 +

5 JP P5

a.

Peserta didik menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis

b.

Peserta didik menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus biogeokimia) dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bergotong royong

2.

Tujuan Pembelajaran

Perubahan Lingkungan

8 JP

+

4 JP P5

a.

 

 

 

Peserta didik menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab dan dampaknya bagi kehidupan  dalam bentuk tabel/skema/uraian dengan gotong royong.

b.

Peserta didik melakukan kampanye gagasan pemecahan masalah perubahan  lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar dalam bentuk tulisan/gambar/simbol ajakan menjaga lingkungan sekitar dengan kreatif.

3.

Tujuan Pembelajaran

Bioteknologi

10 JP

+

5 JP P5

a.

Peserta didik menganalisis prinsip-prinsip bioteknologi dan penerapannya sebagai upaya peningkatan kesejahteraan manusia dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan kreatif

b.

Peserta didik menyusun laporan hasil percobaan penerapan biotekologi konvensional berdasarkan scietific methode dalam bentuk tulisan dengan gotong royong

Total Alokasi Waktu

28 JP

+

14 JP

Total

42 JP

 

Tidak dapat memenuhi 108 JP pertahun / 54 JP per semester sesuia KOSP, karena kalender akademik 2024-2025 di bulan maret terdapat kegiatan pendidikan karakter saat ramadhan, US kelas 12, dan libur sebelum dan setelah idul fitri.

 

D.  MATERI BIOLOGI

 

SMT

Elemen Pemahaman

Alokasi Waktu

@45 Menit

Materi

P5

1

Klasifikasi Makhluk Hidup

10 JP

5 JP

1

Peranan Virus

8 JP

4 JP

1

Peranan Bakteri

8 JP

4 JP

1

Peranan Fungi

8 JP

4 JP

2

Ekosistem

10 JP

5 JP

2

Perubahan Lingkungan

8 JP

4 JP

2

Bioteknologi

10 JP

5 JP

 

Total Jam Pelajaran

62 JP

31 JP

70%

30%

93 JP

100%


Catatan Kepala Sekolah

..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................

 

 

 by Ai Rohimah, S.Pd

Guru Biologi SMAN 1 Rancaekek


Comments

Popular posts from this blog

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI