PROGRAM TAHUNAN BIOLOGI FASE E KELAS X TA 2024-2025
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2024-2025
Mata Pelajaran : IPA-Biologi Kelas/Semester : X / Ganjil |
|
Fase : E Alokasi Waktu : 3 JP |
A. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk
memahami sistem pengukuran, energi alternatif, ekosistem,
bioteknologi, keanekaragaman hayati, struktur atom, reaksi kimia,
hukum-hukum dasar kimia, dan perubahan iklim sehingga responsif dan dapat
berperan aktif dalam menyelesaikan masalah pada isu-isu lokal dan global. Semua
upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan
(Sustainable Development Goals/SDGs).
B. ELEMEN
CAPAIAN PEMBELAJARAN
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Pemahaman |
Peserta didik memahami proses klasifikasi
makhluk hidup; peranan virus, bakteri, dan jamur dalam kehidupan;
ekosistem dan interaksi antarkomponen serta faktor yang mempengaruhi; dan
pemanfaatan bioteknologi dalam berbagai bidang kehidupan. |
Keterampilan Proses |
● Mengamati Peserta didik mengamati fenomena ilmiah dan mencatat hasil pengamatannya dengan memperhatikan karakteristik dari objek yang diamati untuk memunculkan pertanyaan yang akan diselidiki. ● Mempertanyakan dan Memprediksi Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan dan permasalahan yang dapat diselidiki secara ilmiah. Peserta didik menghubungkan pengetahuan yang telah dimiliki dengan pengetahuan baru untuk membuat prediksi. ● Merencanakan dan Melakukan
Penyelidikan Peserta didik merencanakan penyelidikan ilmiah dan melakukan langkah-langkah operasional berdasarkan referensi yang benar untuk menjawab pertanyaan. Peserta didik melakukan pengukuran atau membandingkan variabel terikat dengan menggunakan alat yang sesuai serta memperhatikan kaidah ilmiah. ● Memproses, Menganalisis Data dan Informasi Peserta didik menafsirkan informasi yang diperoleh dengan jujur dan bertanggung jawab. Peserta didik menganalisis menggunakan alat dan metode yang tepat berdasarkan data penyelidikan dengan menggunakan referensi rujukan yang sesuai, serta menyimpulkan hasil penyelidikan. ● Mengevaluasi dan Refleksi Peserta didik mengidentifikasi sumber ketidakpastian dan kemungkinan penjelasan alternatif dalam rangka mengevaluasi kesimpulan serta menjelaskan cara spesifik untuk meningkatkan kualitas data. Peserta didik menganalisis validitas informasi dan mengevaluasi pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam penyelidikan. ● Mengomunikasikan Hasil Peserta didik mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dan
utuh ditunjang dengan argumen ilmiah berdasarkan referensi sesuai konteks penyelidikan. |
C.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
NO |
ALUR TUJUAN PEMBELAJARANN |
MATERI |
ALOKASI WAKTU |
||
1. |
Tujuan Pembelajaran |
Klasifikasi Makhluk Hidup |
10
JP +
5 JP P5 |
||
a. |
Peserta didik menjelaskan
prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom dalam bentuk
tabel/skema/uraian/gambar dengan gotong royong |
||||
b. |
Peserta didik menyusun
kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk
skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis |
||||
c. |
Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan
peranannya dalam kehidupan dalam bentuk peta konsep (mind mapping) dengan
kreatif |
||||
d. |
Mengelompokkan tumbuhan ke
dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam
kehidupan dalam bentuk peta konsep (mind mapping) dengan kreatif |
||||
e. |
Mengelompokkan hewan ke dalam
filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi
dalam bentuk peta konsep (mind mapping) dengan kreatif |
||||
2. |
Tujuan Pembelajaran |
Peranan
Virus |
8
JP + 3 JP P5 |
||
a. |
Peserta didik menganalisis struktur, reflikasi, dan peran virus dalam kehidupan dalam bentuk gambar/replika/skema/uraian dengan mandiri. |
||||
b. |
Peserta didik melakukan
kampanye (peranan virus berbahaya) tentang bahaya virus (cara menjaga diri
dari bahaya virus dan cara menanggulangi bahaya virus) dalam kehidupan
berdasarkan tingkat virulesinya dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan
kreatif. |
||||
3. |
Tujuan Pembelajaran |
Peranan
Bakteri |
8 JP + 4 JP
P5 |
||
a. |
Peserta didik mengidentifikasi
ciri-ciri bakteri (struktur, cara hidup, reproduksi) dan peran bakteri dalam
kehidupan dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis |
||||
b. |
Peserta didik membuat salah
satu produk peranan bakteri dalam kehidupan dalam bentuk sabun kefir dengan
gotong royong |
||||
4. |
Tujuan Pembelajaran |
Peranan
Fungi |
8 JP + 4 JP
P5 |
||
a. |
Peserta didik mengelompokkan
jamur berdasarkan ciri-ciri (struktur, cara reproduksi) dan mengaitkannya
dalam kehidupan dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan kreatif |
||||
b. |
Peserta didik menyajikan
laporan hasil investigasi tentang keanekaragaman jamur dan peranannya dalam
kehidupan dalam bentuk laporan dengan gotong royong |
||||
Total Alokasi Waktu |
34 JP + 17 JP Total 51 JP |
||||
Tidak dapat memenuhi 108 JP pertahun / 54 JP per semester sesuia KOSP,
karena kalender akademik 2024-2025 terdapat tanggal merah di hari efektif.
Catatan Kepala Sekolah
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2024-2025
Mata Pelajaran : Biologi Kelas/Semester : X / Genap |
|
Fase : E Alokasi Waktu : 3 JP |
A.
CAPAIAN
PEMBELAJARAN
Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk
memahami sistem pengukuran, energi alternatif, ekosistem, bioteknologi,
keanekaragaman hayati, struktur atom, reaksi kimia, hukum-hukum dasar kimia,
dan perubahan iklim sehingga responsif dan dapat berperan aktif dalam
menyelesaikan masalah pada isu-isu lokal dan global. Semua upaya tersebut
diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable
Development Goals/SDGs).
B. ELEMEN
CAPAIAN PEMBELAJARAN
ELEMEN |
CAPAIAN PEMBELAJARAN |
Pemahaman |
Peserta didik memahami proses klasifikasi makhluk hidup; peranan virus,
bakteri, dan jamur dalam kehidupan; ekosistem dan
interaksi antarkomponen serta faktor yang mempengaruhi; dan pemanfaatan
bioteknologi dalam berbagai bidang kehidupan. |
Keterampilan Proses |
● Mengamati Peserta didik mengamati fenomena ilmiah dan mencatat hasil pengamatannya dengan memperhatikan karakteristik dari objek yang diamati untuk memunculkan pertanyaan yang akan diselidiki. ● Mempertanyakan dan Memprediksi Peserta didik mengidentifikasi pertanyaan dan permasalahan yang dapat diselidiki secara ilmiah. Peserta didik menghubungkan pengetahuan yang telah dimiliki dengan pengetahuan baru untuk membuat prediksi. ● Merencanakan dan Melakukan
Penyelidikan Peserta didik merencanakan penyelidikan ilmiah dan melakukan langkah-langkah operasional berdasarkan referensi yang benar untuk menjawab pertanyaan. Peserta didik melakukan pengukuran atau membandingkan variabel terikat dengan menggunakan alat yang sesuai serta memperhatikan kaidah ilmiah. ● Memproses, Menganalisis Data dan Informasi Peserta didik menafsirkan informasi yang diperoleh dengan jujur dan
bertanggun jawab. Peserta didik menganalisis menggunakan alat dan metode yang
tepat berdasarkan data penyelidikan dengan menggunakan referensi rujukan yang
sesuai, serta menyimpulkan hasil penyelidikan. ● Mengevaluasi dan Refleksi Peserta didik mengidentifikasi sumber ketidakpastian dan kemungkinan penjelasan alternatif dalam rangka mengevaluasi kesimpulan serta menjelaskan cara spesifik untuk meningkatkan kualitas data. Peserta didik menganalisis validitas informasi dan mengevaluasi pendekatan yang digunakan untuk menyelesaikan masalah dalam penyelidikan. ● Mengomunikasikan Hasil Peserta didik mengomunikasikan hasil penyelidikan secara sistematis dan
utuh ditunjang dengan argumen ilmiah berdasarkan referensi sesuai konteks
penyelidikan. |
C.
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN
NO |
ALUR TUJUAN
PEMBELAJARANN |
MATERI |
ALOKASI WAKTU |
|
1. |
Tujuan
Pembelajaran |
Ekosistem |
10
JP + 5
JP P5 |
|
a. |
Peserta didik menganalisis komponen-komponen ekosistem
dan interaksi antar komponen tersebut dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan
bernalar kritis |
|||
b. |
Peserta didik menyajikan karya yang menunjukkan
interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus
biogeokimia) dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bergotong royong |
|||
2. |
Tujuan
Pembelajaran |
Perubahan Lingkungan |
8
JP + 4
JP P5 |
|
a. |
Peserta didik menganalisis data perubahan
lingkungan, penyebab dan dampaknya bagi kehidupan dalam bentuk tabel/skema/uraian dengan
gotong royong. |
|||
b. |
Peserta didik melakukan kampanye gagasan
pemecahan masalah perubahan lingkungan
yang terjadi di lingkungan sekitar dalam bentuk tulisan/gambar/simbol ajakan
menjaga lingkungan sekitar dengan kreatif. |
|||
3. |
Tujuan
Pembelajaran |
Bioteknologi |
10
JP + 5
JP P5 |
|
a. |
Peserta didik menganalisis prinsip-prinsip bioteknologi
dan penerapannya sebagai upaya peningkatan kesejahteraan manusia dalam bentuk
skema/uraian/gambar dengan kreatif |
|||
b. |
Peserta didik menyusun laporan hasil percobaan
penerapan biotekologi konvensional berdasarkan scietific methode dalam bentuk
tulisan dengan gotong royong |
|||
Total Alokasi
Waktu |
28 JP + 14 JP Total 42 JP |
Tidak dapat memenuhi 108 JP
pertahun / 54 JP per semester sesuia KOSP, karena kalender akademik 2024-2025 di
bulan maret terdapat kegiatan pendidikan karakter saat ramadhan, US kelas 12,
dan libur sebelum dan setelah idul fitri.
D. MATERI
BIOLOGI
SMT |
Elemen Pemahaman |
Alokasi Waktu @45 Menit |
|
Materi |
P5 |
||
1 |
Klasifikasi Makhluk Hidup |
10 JP |
5 JP |
1 |
Peranan Virus |
8 JP |
4 JP |
1 |
Peranan Bakteri |
8 JP |
4 JP |
1 |
Peranan Fungi |
8 JP |
4 JP |
2 |
Ekosistem |
10 JP |
5 JP |
2 |
Perubahan Lingkungan |
8 JP |
4 JP |
2 |
Bioteknologi |
10 JP |
5 JP |
|
Total Jam Pelajaran |
62 JP |
31 JP |
70% |
30% |
||
93 JP |
|||
100% |
Catatan Kepala Sekolah
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Guru Biologi SMAN 1 Rancaekek
Comments
Post a Comment