MODUL KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
MODUL AJAR 1.
KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP
IPA-BIOLOGI KELAS X FASE E
A. INFORMASI
UMUM
1. Identitas
Nama
Guru :
Ai Rohimah, S.Pd
NIP :
198112102024212010
Instansi :
SMAN 1 RANCAEKEK
Tahun
Ajaran : 2024-2025
Jenjang :
SMA
Kelas
: X/Fase E
Alokasi
Waktu : 7 pertemuan (2 JP X40’ materi,
1 JPX40’ P5)
2. Kompetensi
awal
a. Makhluk
hidup dan lingkungannya (Materi IPA-Biologi Fase D/SMP)
b. Lingkungan (Bumi/Biosfer)
3. Profil
pelajar pancasila
a. Beriman
dan bertakwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia
b. Berkebhiekaan
global
c. Gotong royong
d. Bernalar kritis
e. Mandiri
f.
Kreatif
4. Sarana
dan prasarana (Media dan Bahan Ajar)
a. Bahan
ajar
-Buku
IPA bagi guru
-Buku
IPA bagi peserta didik
b. Media
-Smartphone
& Wifi (jaringan)
-Laboratorium
Biologi
-Website
: www.biologismaaraa.id
-Youtube
-Katalog whatsapp
5. Target peserta didik
Pemahaman
:
Responsif dan dapat berperan aktif dalam menyelesaikan masalah pada isu-isu lokal dan global, yang diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (SDGs) pada materi klasifikasi makhluk hidup.
Keterampilan
:
Keterampilan inkuiri sains terkait dengan pemahaman peserta didik tentang konten sains yang menyediakan struktur dan proses di mana konten sains dapat tercakup. Keterampilan tersebut meliputi :
a. Mengamati
b. Mempertanyakan dan memprediksi
c. Merencanakan dan melakukan
penyelidikan
d. Memproses, menganalisis data dan
informasi
e. Mengevaluasi dan refleksi
f. Mengkomunikasikan hasil
Dengan target :
a. Peserta
didik reguler/tipikal : umum, tidak ada kesulitan dalam mencerna dan memahami
materi ajar.
b. Peserta
didik dengan kesulitan belajar :
-
Gaya belajar (audio, visual, kinestetik),
menggunakan berbagai pilihan media
-
Memiliki kesulitan dengan bahasa dan pemahaman
materi ajar, Kurang percaya diri, kesulitan berkonsentrasi jangka panjang, dsb,
menggunakan KKTP, pendekatan khusus
c. Peserta didik dengan pencapaian tinggi: mencerna dan memahami dengan cepat, mampu mencapai keterampilan berfikir aras tinggi (HOTS), dan memiliki keterampilan memimpin, menggunakan tugas projek khusus
Peserta
didik dapat mendeskripsikan konsep klasifikasi makhluk hidup, mengidentifikasi
tujuan dan manfaat klasifikasi dalam kehidupan sehari-hari, mengidentifikasi
dasar-dasar klasifikasi, mendeskripsikan sistem/proses klasifikasi, dan
menganalisis tingkatan takson dalam klasifikasi, mengenal sistem tatanama
makhluk hidup, menganalisis perkembangan klasifikasi makhluk hidup, mengenal
kunci determiasi, melakukan idetifikasi makhluk hidup, menyusun kladogram.
6. Model
pembelajaran yang digunakan :
Model
Pembelajaran : Inquiry learning
Metode
: diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi
Pendekatan : Saintifik
B. KOMPONEN
INTI
1. Tujuan
pembelajaran berdiferensiasi :
a. Peserta
didik dapat menganalisis materi klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk peta
konsep/uraian dengan kreatif
b. Peserta
didik dapat menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima
kingdom dalam bentuk tabel/skema/uraian/gambar dengan gotong royong
c. Peserta
didik dapat melakukan identifikasi makhluk hidup secara berurutan dalam bentuk
tulisan dengan bernalar kritis
d. Peserta didik dapat menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis
2. Pemahaman
bermakna
Klasifikasi bertujuan untuk menyederhanakan objek studi yang membantu dalam mengenali atau mempelajari makhluk hidup yang begitu banyak dan beranekaragam sifat serta ciri-cirinya, klasifikasi juga berguna untuk berbagai kepentingan manusia (mengetahui keanekaragaman, melestarikan keanekaragaman di masa mendatang, memafaatkan makhluk)
3. Pertanyaan
pemantik
Dalam kehidupan sehari-hari kalian telah membiasakan menyusun buku pelajaran sesuai hari, atau menyusun seragam sesuai hari, lalu mengapa kalian melakukannya? ...
Dalam kehidupan sehari-hari juga kalian sudah dapat membedakan kelompok hewan dan kelompok tumbuhan, mengapa kalian dapat membedakannya? ...
4. Persiapan
pembelajaran
Membuat kesepakatan belajar biologi pada materi klasifikasi makhluk hidup
5. Kegiatan pembelajaran
a. Pertemuan 1
KEGIATAN |
DESKRIPSI |
Tujuan |
Perkenalan
guru dan peserta didik |
Keberminatan
belajar biologi |
|
Membuat
Kesepakatan Pembelajaran Biologi dalam betuk flayer dengan proaktif |
|
Menuliskan
nama ilmiah hewan pada buku catatan biologi dan nama ilmiah tumbuhan pada
buku tugas berdasarkan sistem tata nama binomial nomenclature |
|
Kegiatan |
1. Pendahuluan
a. Guru
melakukan salam pembuka b. Bersyukur c. Berdoa d. Mengucapkan
selamat datang di SMAN 1 Rancaekek, sekolah pilihan kalian e. Memperkenalkan
diri sebagai pengajar biologi di kelas tersebut f.
Berkenalan dengan pesera didik dan memeriksa
kehadiran peserta didik g. Menyiapkan
fisik dan psikis dengan menayangkan video dari youtube https://youtu.be/mKC7wfr141o?si=dzvViY39_g9VFOxs h. Peserta
didik mengerjakan asesmen awal/diagnostik keberminatan belajar biologi https://forms.gle/9pSykkzWy2aFpBt7A
|
2. Kegiatan inti KEGIATAN 1 Melalui LKPD https://www.biologismaaraa.id/2024/07/lkpd-klasifikasi-makhluk-hidup.html a. Penyajian
fenomena, Peserta didik mengunjungi link berikut : https://www.biologismaaraa.id/2024/07/capaian-pembelajaran-biologi-ta-2024.html b. Melakukan
observasi Peserta didik melakukan observasi tentang : Capaian Pembelajaran Biologi Fase E Kelas 10 dari link di atas c. Merumuskan
masalah Peserta didik merumuskan masalah menggunakan
rumus 1W 5H tentang : Cara belajar materi biologi SMA Kurikulum Merdeka Nasional Fase E Kelas 10 berdasarkan CP biologi d. Mengajukan
hipotesis Peserta didik mengajukan hipotesis tentang : Cara belajar materi biologi SMA Kurikulum Merdeka Nasional Fase E Kelas 10 berdasarkan CP biologi e. Mengumpulkan
data Peserta didik mengumpulkan data tentang : Cara belajar materi biologi SMA Kurikulum Merdeka Nasional Fase E/Kelas 10 berdasarkan CP biologi f.
Menganalisis data Peserta didik menganalisis data tentang : Cara belajar materi biologi SMA Kurikulum Merdeka Nasional Fase E Kelas 10 berdasarkan CP biologi g. Menyimpulkan
Peserta didik menyimpulkan data hasil analisis
tentang : Cara belajar materi biologi SMA Kurikulum Merdeka Nasional Fase E Kelas 10 berdasarkan CP biologi dengan membuat “Kesepakatan Belajar Biologi” (2 buah buku untuk buku catatan dan buku tugas, bersampul putih di beri identitas dan nama ilmiah tumbuhan untuk buku catatan dan nama ilmiah hewan untuk buku tugas, menggunakan handphone saat diperlukan untuk menunjang pembelajaran, hadir tepat waktu, PSAS sesuai aturan, duduk bergilir, dan kelompok berbeda-beda setiap tugas berkelompok, tertib, tidak makan saat belajar, dll) dalam bentuk flyer yang disematkan di grup whatsapp Biologi kelas masing-masing |
|
3. Kegiatan
penutup a. Guru
memberikan penguatan Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Biologi Kelas 10
Fase E Kurikulum Merdeka Nasional b. Guru
memberikan apresiasi kepada peserta didik atas kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan dengan pemberian 3 peringkat pertama nilai terbaik pertemuan
hari ini. c. Guru
membimbing penuntasan tugas peserta didik yang belum selesai dan melakukan
penilaian pembelajaran pada pertemuan hari ini. d. Guru
memberi tugas untuk mempersiapkan materi pertemuan berikutnya (Biologi
sebagai Ilmu, menuliskan reaksi fotosintesis). e. Berdoa
dan salam penutup. |
|
Asesmen |
1. Asesmen formatif, berupa : Penilaian LKPD Penilaian antarteman (pro aktif/keterlibatan membuat “Kesepakatan Kelas Belajar Biologi” Penilaian jurnal (anekdotal guru penilaian pro aktif) 2. Asesmen sumatif Penilaian penamaan buku catatan biologi menggunakan nama ilmiah hewan dan buku tugas biologi menggunakan nama ilmiah tumbuhan menggunakan sistem tata nama binomial nomenclature Penilaian
isi “Kesepakatan Belajar Biologi” dalam bentuk flyer yang disematkan di grup
Whatsapp Biologi tiap kelas dengan proaktif
|
Refleksi |
1. Refleksi
siswa (Pengalaman Belajar), berupa umpan balik dari peserta didik melalui
google formulir https://forms.gle/38CfNv2JPLsvKX9q7
|
2. Refleksi
guru Refleksi guru (jalannya pembelajaran dan produk Kesepakatan Kelas
Belajar Biologi) |
b. Pertemuan
2
DESKRIPSI |
|
Tujuan |
Mengetahui kesiapan materi prasyarat (materi SMP
makhluk hidup dan lingkungannya) |
Mengantarkan peserta didik belajar Materi Biologi
“Biologi Sebagai Ilmu” |
|
Pengenalan laboratorium biologi SMAN 1 Rancaekek
dan Tata Tertib Kerja di Laboratorium |
|
Kegiatan |
1. Pendahuluan
a. Orientasi,
guru melakukan salam pembuka, bersyukur, berdoa, memeriksa kehadiran,
menyiapkan fisik dan psikis, siswa dengan merapikan tempat duduk, membuang
sampah, merapikan pakaian, dll. b. Apersepsi,
guru mengaitkan materi yang akan dipelajari, dengan materi sebelumnya (Capaian
Pembelajaran Materi Biologi SMA Kurikulum Merdeka Nasional Fase E Kelas 10) c. Motivasi,
guru memberikan motto
hidup/pesan/kesan/menyanyi/menari/senam/nonton film cerdas berkarakter https://youtu.be/GAFVnTFD_y4?si=EGL2AlsPV65nvShX dan memberikan
gambaran manfaat mempelajari materi Klasifikasi Makhluk Hidup dalam
kehidupan sehari-hari. d. Peserta
didik mengerjakan asesmen awal/diagnostik kesiapan materi prasyarat (materi
SMP makhluk hidup dan lingkungannya) https://forms.gle/e41go3v9rjDec3xF8 e. Pemberian
acuan, guru menayangkan video kerangka materi Biologi sebagai Ilmu dari https://www.biologismaaraa.id/2022/07/modul-1-sel.html, guru menjelaskan mekanisme pembelajaran hari
ini
|
2. Kegiatan inti KEGIATAN 2 Melalui LKPD https://www.biologismaaraa.id/2024/07/lkpd-klasifikasi-makhluk-hidup.html a. Penyajian
fenomena, Peserta didik menyimak video berikut : https://youtu.be/9MojVqy7vNE?si=3MSBt1ZfxoCMbYay b. Melakukan
observasi Peserta didik melakukan observasi tentang : Alat-alat laboratorium biologi untuk menunjang pembelajaran biologi dengan mengunjungi laboratorium biologi c. Merumuskan
masalah Peserta didik merumuskan masalah menggunakan
rumus 1W 5H tentang : Mengenali alat-alat di laboratorium biologi (sifat bahan alat tersebut, fungsi, cara menggunakan, dll) d. Mengajukan
hipotesis Peserta didik mengajukan hipotesis tentang : Mengenali alat-alat di laboratorium biologi (sifat bahan alat tersebut, fungsi, cara menggunakan, dll) e. Mengumpulkan
data Peserta didik mengumpulkan data tentang : Mengenali alat-alat di laboratorium biologi (sifat bahan alat tersebut, fungsi, cara menggunakan, dll) f.
Menganalisis data Peserta didik menganalisis data tentang : Mengenali alat-alat di laboratorium biologi (sifat bahan alat tersebut, fungsi, cara menggunakan, dll) g. Menyimpulkan Peserta didik menyimpulkan data hasil analisis
tentang : Mengenali alat-alat di laboratorium biologi (sifat bahan alat tersebut, fungsi, cara menggunakan, dll) dengan baik dan aman dengan memahami dan mematuhi tata tertib kerja di Laboratorium |
|
3. Kegiatan
penutup a. Guru
memberikan penguatan materi klasifkasi makhluk hidup b. Guru
memberikan apresiasi kepada peserta didik atas kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan dengan pemberian 3 peringkat pertama nilai terbaik pertemuan
hari ini. c. Guru
membimbing penuntasan tugas peserta didik yang belum selesai dan melakukan
penilaian pembelajaran pada pertemuan hari ini. d. Guru
memberi tugas untuk mempersiapkan materi pertemuan berikutnya (Klasifikasi Makhluk
Hidup) dengan mengamati bermacam-macam sayuran dan buah-buahan di pasar
terdekat dengan hasil pengamatan dalam bentuk foto. e. Berdoa
dan salam penutup. |
|
Asesmen |
1. Asesmen formatif berupa Penilaian LKPD Penilaian jurnal (anekdotal guru mandiri) 2. Asesmen sumatif Penilaian Materi Biologi Sebagai Ilmu dalam
bentuk test PG https://forms.gle/eYPvsqWS6tXM8QyX9
|
Refleksi |
1. Refleksi
siswa (Penilaian diri (mandiri) dan Pengalaman Belajar), berupa umpan
balik melalui google formulir https://forms.gle/egrWHNnzMwEhqH6K6 |
2. Refleksi
guru (jalannya proses pembelajaran dan hasil belajar)
|
c. Pertemuan
3
KEGIATAN |
DESKRIPSI |
Tujuan |
Peserta
didik menganalisis materi klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk peta
konsep/uraian dengan mandiri |
Kegiatan |
1. Pendahuluan
a. Orientasi,
guru melakukan salam pembuka, bersyukur, berdoa, memeriksa kehadiran,
menyiapkan fisik dan psikis, siswa dengan merapikan tempat duduk, membuang
sampah, merapikan pakaian, dll. b. Apersepsi,
guru mengaitkan materi yang akan dipelajari, dengan materi sebelumnya (Materi
Biologi sebagai Ilmu dan Kunjungan ke Laboratorium Biologi). c. Motivasi,
guru memberikan motto
hidup/pesan/kesan/menyanyi/menari/senam/nonton film cerdas berkarakter https://youtu.be/wOyTnRT68qU?si=l9ccRvuo6psGwLkS dan memberikan gambaran manfaat mempelajari materi Klasifikasi
Makhluk Hidup dalam kehidupan sehari-hari. d. Pemberian
acuan, guru menayangkan video materi Klasifikasi makhluk hidup yang memuat
CP, tujuan pembelajaran, KKTP dan acuan materi https://www.biologismaaraa.id/2024/07/kerangka-materi-klasifikasi-makhluk.html,
guru menjelaskan mekanisme pembelajaran hari ini pada materi Klasifikasi
Makhluk Hidup dengan mandiri
|
2. Kegiatan inti Kegiatan 3 Melalui LKPD https://www.biologismaaraa.id/2024/07/lkpd-klasifikasi-makhluk-hidup.html
a. Penyajian
fenomena, Berbagai
macam sayuran dan buah-buahan di pasar terdekat dari foto yang telah
ditugaskan
https://id.pngtree.com/freebackground/fresh-vegetables-sold-in-the-vegetable-market_1714881.html
b. Melakukan
observasi Peserta
didik melakukan observasi video https://youtu.be/EVoL1vMb0rc?si=x2Anfgf-h07G-Ui0
dan mengaitkan dengan pengelompokkan berbagai macam sayuran dan buah-buahan
di pasar
c. Merumuskan
masalah Peserta
didik merumuskan masalah menggunakan rumus 1W 5H tentang materi Klasifikasi
Makhluk hidup dari video
d. Mengajukan
hipotesis Peserta
didik mengajukan hipotesis tentang materi Klasifikasi Makhluk Hidup
e. Mengumpulkan
data Peserta
didik mengumpulkan data tentang Materi Klasifikasi Makhluk Hidup
f.
Menganalisis data Peserta
didik menganalisis data tentang Materi Klasifikasi Makhluk Hidup
g. Menyimpulkan
Peserta
didik menyimpulkan data hasil analisis tentang materi Klasifikasi Makhluk
Hidup bentuk peta konsep/mind mapping/uraian dengan mandiri
|
|
3. Kegiatan
penutup a. Guru
memberikan penguatan materi Klasifikasi Makhluk Hidup b. Guru
memberikan apresiasi kepada peserta didik atas kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan dengan pemberian 3 peringkat pertama nilai terbaik pertemuan
hari ini. c. Guru
membimbing penuntasan tugas peserta didik yang belum selesai dan melakukan
penilaian pembelajaran pada pertemuan hari ini. d. Guru
memberi tugas untuk mempersiapkan materi pertemuan berikutnya (Klasifikasi
Makhluk Hidup dalam lima Kingdom, dengan membawa jamur tiram, tempe mentah, ikan
hias 1000 an, agar-agar, yogurt, 1 pot salah satu jenis tumbuhan). e. Berdoa
dan salam penutup.
|
|
Asesmen |
1. Asesmen
formatif, berupa :
Penilaian LKPD Penilaian jurnal (anekdotal guru manndiri) 2. Asesmen
sumatif
Penilaian
peta konsep (mind mapping)/uraian materi Klasifikasi Makhluk Hidup
Penilaian materi Klasifikasi Makhluk Hidup dalam bentuk test pilihan ganda https://forms.gle/P9cCRfyYx8e4TwP39 |
Refleksi |
1. Refleksi
peserta didik (Penilaian diri (mandiri) dan Pengalaman Belajar) berupa umpan
balik https://forms.gle/haqxpPiEjQVY2zbn6
|
2. Refleksi
guru ((jalannya proses pembelajaran dan hasil belajar) |
d. Pertemuan 4
KEGIATAN |
DESKRIPSI |
Tujuan |
Peserta
didik menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima
kingdom dalam bentuk tabel/uraian dengan gotong royong |
Kegiatan |
1. Pendahuluan
a. Orientasi,
guru melakukan salam pembuka, bersyukur, berdoa, memeriksa kehadiran,
menyiapkan fisik dan psikis, siswa dengan merapikan tempat duduk, membuang
sampah, merapikan pakaian, dll. b. Apersepsi,
guru mengaitkan materi yang akan dipelajari, dengan materi sebelumnya (Materi
Klasifikasi Makhluk Hidup dengan sub materi Klasifikasi Makhluk Hidup dalam
Lima kingdom). c. Motivasi,
guru memberikan motto
hidup/pesan/kesan/menyanyi/menari/senam/nonton film cerdas berkarakter https://youtu.be/fWhdJIMBEMU?si=IS5Ahy1UP2PABlPk
dan memberikan gambaran manfaat
mempelajari materi Klasifikasi Makhluk Hidup dalam kehidupan sehari-hari. d. Pemberian
acuan, guru menayangkan video kerangka materi yang memuat tujuan
pembelajaran, KKTP dan acuan materi dari link https://www.biologismaaraa.id/2024/07/kerangka-materi-klasifikasi-makhluk.html, guru menjelaskan mekanisme pembelajaran pada
sub materi Klasifikasi Makhluk Hidup dalam Lima Kingdom dengan bergotong
royong dengan membagi kelompok belajar menjadi 5 kelompok (mengerjakan tugas
yang berbeda yaitu materi klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom) Kelompok 1 : Kingdom Monera Kelompok 2 : Kingdom Protista Kelompok 3 : Kingdom Fungi Kelompok 4 : Kingdom Plantae Kelompok 5 : Kingdom Animalia
|
4. Kegiatan inti KEGIATAN 4 Melalui LKPD https://www.biologismaaraa.id/2024/07/lkpd-klasifikasi-makhluk-hidup.html a. Penyajian
fenomena, Peranan berbagai jenis makhluk hidup jamur tiram, ikan hias 1000 an, agar-agar, yogurt, 1 pot salah satu jenis tumbuhan b. Melakukan
observasi Peserta didik melakukan observasi tentang klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom melalui video https://youtu.be/oJZEdqkRDOE?si=8_okAuDsDBNGpWwk c. Merumuskan
masalah Peserta didik merumuskan masalah menggunakan rumus 1W 5H tentang materi klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom berdasarkan video tersebut d. Mengajukan
hipotesis Peserta didik mengajukan hipotesis tentang klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom berdasarkan video tersebut e. Mengumpulkan
data Peserta didik mengumpulkan data tentang klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom berdasarkan video tersebut f.
Menganalisis data Peserta didik menganalisis data tentang klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom berdasarkan video tersebut g. Menyimpulkan
Peserta didik menyimpulkan data hasil analisis klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom dengan gotong royong |
|
5. Kegiatan
penutup a. Guru
memberikan penguatan materi klasifkasi makhluk hidup dalam lima kingdom b. Guru
memberikan apresiasi kepada peserta didik atas kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan dengan pemberian 3 peringkat pertama nilai terbaik pertemuan
hari ini. c. Guru
membimbing penuntasan tugas peserta didik yang belum selesai dan melakukan
penilaian pembelajaran pada pertemuan hari ini. d. Guru
memberi tugas untuk mempersiapkan materi pertemuan berikutnya (Identifikasi
Makhluk Hidup Menggunakan Kunci Determinasi, dengan mengamati ciri-ciri satu
jenis tumbuhan dan satu jenis hewan). e. Berdoa
dan salam penutup. |
|
Asesmen |
1. Asesmen formatif berupa : Penilaian LKPD Penilaian jurnal (anekdotal guru gotong royong) 2. Asesmen sumatif Penilaian tabel/uraian Klasifikasi Makhluk Hidup dalam Lima Kingdom Penilaian materi Klasifikasi Makhluk Hidup dalam lima kingkdom dalam bentuk test PG |
Refleksi |
1. Refleksi
siswa (Penilaian diri (mandiri) dan Pengalaman Belajar) berupa umpan balik |
2. Refleksi
guru (jalannya proses pembelajaran dan hasil belajar) |
e. Pertemuan 5
KEGIATAN |
DESKRIPSI |
Tujuan |
Melakukan
identifikasi tumbuhan dan hewan menggunakan kunci determinasi dengan bernalar
kritis |
Kegiatan |
1. Pendahuluan
a. Orientasi,
guru melakukan salam pembuka, bersyukur, berdoa, memeriksa kehadiran,
menyiapkan fisik dan psikis, siswa dengan merapikan tempat duduk, membuang
sampah, merapikan pakaian, dll. b. Apersepsi,
guru mengaitkan materi yang akan dipelajari, dengan materi sebelumnya (Materi
Klasifikasi Makhluk Hidup dalam Lima Kingdom). c. Motivasi,
guru memberikan motto
hidup/pesan/kesan/menyanyi/menari/senam/nonton film cerdas berkarakter https://youtu.be/00dnTqai5ec?si=4t8O8ZkXti7MmQVz
dan memberikan gambaran manfaat
mempelajari materi Kingdom Plantae dalam kehidupan sehari-hari. d. Pemberian
acuan, guru menayangkan video materi kladogram yang memuat CP, tujuan
pembelajaran, KKTP dan acuan materi https://www.biologismaaraa.id/2024/07/kerangka-materi-klasifikasi-makhluk.html,
guru menjelaskan mekanisme pembelajaran hari
ini pada sub materi identifikasi Makhluk Hidup dengan bernalar kritis
|
2. Kegiatan inti Kegiatan 5 Melalui LKPD https://www.biologismaaraa.id/2024/07/lkpd-klasifikasi-makhluk-hidup.html
a. Penyajian
fenomena, Ciri-ciri
suatu jenis tumbuhan dan satu jenis hewan
b. Melakukan
observasi Peserta
didik melakukan observasi tentang cara mengindentifikasi makhluk hidup
melalui video https://youtu.be/RCa5w72uSX4?si=tucGsv531TChfbWZ
c. Merumuskan
masalah Peserta didik merumuskan masalah menggunakan rumus 1W 5H tentang cara mengidentifikasi makhluk hidup d. Mengajukan
hipotesis Peserta didik mengajukan hipotesis tentang cara
mengidentifikasi makhluk hidup
e. Mengumpulkan
data Peserta didik mengumpulkan data tentang cara mengidentifikasi makhluk hidup f.
Menganalisis data Peserta didik menganalisis data cara mengidentifikasi makhluk hidup g. Menyimpulkan
Peserta
didik menyimpulkan data hasil analisis tentang cara mengidentifikasi makhluk
hidup dalam bentuk susunan angka dan huruf dengan bernalar kritis
|
|
3. Kegiatan
penutup a. Guru
memberikan penguatan materi cara mengidentifikasi makhluk hidup b. Guru
memberikan apresiasi kepada peserta didik atas kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan dengan pemberian 3 peringkat pertama nilai terbaik pertemuan
hari ini. c. Guru
membimbing penuntasan tugas peserta didik yang belum selesai dan melakukan
penilaian pembelajaran pada pertemuan hari ini. d. Guru
memberi tugas untuk mempersiapkan materi pertemuan berikutnya (Peranan virus,
dengan mendata efek yang ditimbulkan virus korona dalam kehidupan). f.
Berdoa dan salam penutup.
|
|
Asesmen |
1. Asesmen
formatif, berupa :
Penilaian LKPD Penilaian jurnal (anekdotal guru bernalar kritis) 2. Asesmen
sumatif
Penilaian
dalam bentuk susunan angka dan huruf dengan bernalar kritis |
Refleksi |
1. Refleksi
peserta didik (Penilaian diri (kreatif) dan Pengalaman Belajar) berupa umpan
balik |
2. Refleksi
guru ((jalannya proses pembelajaran dan hasil belajar) |
f.
Pertemuan 5 (alternatif)
KEGIATAN |
DESKRIPSI |
Tujuan |
Peserta
didik menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk
hidup dalam bentuk skema/gambar dengan bernalar kritis |
Kegiatan |
1. Pendahuluan
a. Orientasi,
guru melakukan salam pembuka, bersyukur, berdoa, memeriksa kehadiran,
menyiapkan fisik dan psikis, siswa dengan merapikan tempat duduk, membuang
sampah, merapikan pakaian, dll. b. Apersepsi,
guru mengaitkan materi yang akan dipelajari, dengan materi sebelumnya (Materi
Identifikasi Makhluk Hidup Menggunakan Kunci Determinasi Jenis Kunci Dikotom). c. Motivasi,
guru memberikan motto
hidup/pesan/kesan/menyanyi/menari/senam/nonton film cerdas berkarakter https://youtu.be/3acQoqgS8-4?si=NFKJv_PbJ_yEI9cZ
dan memberikan gambaran manfaat mempelajari materi
Klasifikasi Makhluk Hidup dalam kehidupan sehari-hari. d. Pemberian
acuan, guru menayangkan video kerangka materi yang memuat tujuan
pembelajaran, KKTP dan acuan materi dari link https://www.biologismaaraa.id/2024/07/kerangka-materi-klasifikasi-makhluk.html, guru menjelaskan mekanisme pembelajaran
dengan bernalar kritis dan membagi kelompok belajar menjadi 6 kelompok
(mengerjakan tugas yang sama yaitu menyusun kladogram) |
2. Kegiatan inti KEGIATAN 5 Melalui
LKPD https://www.biologismaaraa.id/2024/07/lkpd-klasifikasi-makhluk-hidup.html a. Penyajian
fenomena, Peserta
didik mengamati gambar kladogram vertebrata dan kladogram reptil dari
kerangka materi https://www.biologismaaraa.id/2024/07/kerangka-materi-klasifikasi-makhluk.html
b. Melakukan
observasi Peserta
didik melakukan observasi tentang cara membuat kladogram
c. Merumuskan
masalah Peserta
didik merumuskan masalah menggunakan rumus 1W 5H tentang cara membuat
kladogram
d. Mengajukan
hipotesis Peserta
didik mengajukan hipotesis tentang cara membuat kladogram
e. Mengumpulkan
data Peserta
didik mengumpulkan data tentang cara membuat kladogram
f.
Menganalisis data Peserta
didik menganalisis data tentang cara membuat kladogram
g. Menyimpulkan
Peserta
didik menyimpulkan data hasil analisis cara membuat kladogram dengan bernalar
kritis
|
|
3. Kegiatan
penutup f.
Guru memberikan penguatan materi cara membuat
kladogram g. Guru
memberikan apresiasi kepada peserta didik atas kegiatan pembelajaran yang
telah dilakukan dengan pemberian 3 peringkat pertama nilai terbaik pertemuan
hari ini. h. Guru
membimbing penuntasan tugas peserta didik yang belum selesai dan melakukan
penilaian pembelajaran pada pertemuan hari ini. i.
Guru memberi tugas untuk mempersiapkan materi
pertemuan berikutnya (Peranan Virus, dengan tugas mendata efek yang
ditimbulkan karena adanya virus korona). j.
Berdoa dan salam penutup. |
|
Asesmen |
3. Asesmen
formatif berupa
Penilaian
LKPD
Penilaian
jurnal (anekdotal guru bernalar kritis)
4. Asesmen
sumatif
Penilaian
kladogram
Penilaian
materi Klasifikasi Makhluk Hidup) dalam bentuk test PG https://forms.gle/7PYU9t2FMzLB6wVs7
|
Refleksi |
3. Refleksi
siswa (Penilaian diri (bernalar kritis) dan Pengalaman Belajar) |
4. Refleksi
guru (jalannya proses pembelajaran dan hasil belajar) |
6. Asesmen
a. Asesmen
awal/diagnostik keberminatan belajar biologi
b. Asesmen
awal/diagnostik materi prasyarat
c. Asesmen
awal pengenalan materi biologi dan laboratorium biologi
d. Asesmen
awal/diagnostik materi klasifikasi makhluk hidup
e. Asesmen
selama proses pembelajaran (asesmen formatif)
f.
Asesmen pada akhir proses pembelajaran (asesmen
sumatif)
7. Pengayaan
dan remedial
a. Pengayaan
: tugas LKPD HOTS
b. Remedial
: tugas LKPD mengulang
8. Refleksi
peserta didik dan guru
a. Refleksi
peserta didik : penilaian diri dan catatan anekdotal pengalaman belajar
b. Refleksi
guru : jalannya proses pembelajaran dan nilai sumatif
C. LAMPIRAN
1. Lembar
kegiatan peserta didik
a. Lembar
asesmen awal/diagnostik kebermintan belajar biologi
b. Lembar
asesmen awal/diagnostik materi prasyarat (Materi SMP Makhluk Hidup dan
Lingkungannya)
c. Lembar
asesmen awal/diagnostik materi biologi SMA Kurikulum Merdeka Nasional dan
Pengenalan Laboratorium Biologi SMAN 1 Rancaekek
d. Lembar
asesmen awal/diagnostik materi klasifikasi makhluk hidup
e. LKPD
pertemuan 1 dan 2
f.
LKPD pertemuan 3
g. Lembar
asesmen proses (penilaian tabel, penilaian sikap gotong royong dan penilaian
kladogram bernalar kritis)
h. Lembar
asesmen akhir (Soal PG)
i.
Lembar penilaian diri
j.
Lembar penilaian antarteman
k. Lembar
instrumen evalusi pembelajaran
l.
Daftar hadir
m. Daftar
nilai
2. Bahan
bacaan guru dan peserta didik
1. Bahan
ajar kerangka materi klasifikasi makhluk hidup
2. Bahan
ajar konsep klasifikasi makhluk hidup, tujuan dan manfaat klasifikasi makhluk
hidup, sistem/proses klasifikasi, tingkatan takson dalam klasifikasi, sistem
tatanama makhluk hidup, perkembangan klasifikasi makhluk hidup, identifikasi
makhluk hidup, kunci determiasi, kladogram.
3. Glosarium
Anatomi
: Ilmu yang mempelajari struktur sel dan jaringan dalam tubuh makhluk hidup
Binomial
Nomenclature : Sistem penamaan organisme dengan dua kata.
Kladogram
: Suatu diagram percabangan yang dianggap mewakili hubungan kekerabatan di
antara organisme/komponen yang dikelompokkan (pohon evolusi).
Klasifikasi
: Pengelompokan makhluk hidup berdasarkan persamaan dan perbedaan diri.
Kunci
determinasi : Cara atau langkah untuk mengenali organisme dan mengelompokkannya
pada takson makhluk hidup.
Kunci
dikotom : Kunci identifikasi yang beraturan berdasarkan dua alternatif (biner
).
Takson
: Tingkatan dalam suatu sistem klasifikasi.
Taksonomi
: Ilmu yang mempelajari pengelompokkan dan penamaan makhluk hidup
4. Daftar
pustaka
Aryulina,
Diah. dkk. 2007. Biologi 1. Esis. Jakarta. Erlangga.
Pratiwi,
D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.
Irnaningtiyas.
2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.
Safitri,
Ririn. 2016. Biologi X. Surakarta. CV Mediatama.
Sri
Sayeki, Naniek. 2015. Biologi 1. Jakarta. CV Arya Duta.
Pujiyanto,
Sri. Siti Ferniah, Rejeki. 2016. Menjelajahi Dunia Biologi 1. Solo. PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri.
Artanti.
2020. Modul Pembelajaran SMA Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jakarta.
Kemendikbud.
Ratna
Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Guru IPA. Jakarta.
Kemendikbudristek.
Ratna
Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Siswa IPA. Jakarta.
Kemendikbudristek.
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMAN 1 Rancaekek
Comments
Post a Comment