LKPD 5 BAKTERI
BIOLOGI SMA KELAS X
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 5
BAKTERI
3.5. Mengidentifikasi struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan.
4.5. Menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam kehidupan.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Melalui penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Sintak George Lucas dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, siswa mampu mengidentifikasi struktur, cara hidup, reproduksi dan peran bakteri dalam kehidupan dan mampu menyajikan data tentang ciri-ciri dan peran bakteri dalam kehidupan, sehingga siswa mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Siapa yang tidak mengenal produk yogurt dengan berbagai merk pasar tentunya, rsanya asam manis dengan efek menyehatkan. Ya yogurt merupakan salah satu produk yang terbuat dari bakteri Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophilus. Begitu juga nata de coco yang terbuat dari bakteri Acetobacter xylinum. Produk lainnya yang proses pembuatannya melibatkan bakteri adalah kecap, keju, mentega, dll.
Buatlah beberapa pertanyaan berkaitan dengan informasi di atas!
Mau melihat langsung bentuk bakteri?
klik link berikut : https://www.biologismaaraa.id/2022/10/praktik-pengamatan-bakteri.html
Untuk memahami mengenai bakteri, buatlah kelompok belajar :
Kelompok gambar struktur bakteri
Kelompok gambar bentuk bakteri
Kelompok gambar alat gerak bakteri
Kelompok gambar cara hidup bakteri
Kelompok gambar reproduksi bakteri
Kelompok peta konsep respirasi bakteri
Kelompok peta konsep klasifikasi bakteri
Kelompok paparan cyanobacteria
Kelompok paparan archaebacteria
Kelompok peta konsep penangguangan bakteri
Kelompok tabel peran bakteri menguntungkan
Kelompok tabel peran bakteri merugikan
ST STRUKTUR BAKTERI
BENTUK BAKTERI
CARA HIDUP BAKTERI
a.
Autotrof adalah ....
-
Fotoautotrof, adalah ... contohnya ...
-
Kemoautotrof adalah ... contohnya ...
b.
Heterotrof adalah ...
-
Saprofit adalah ... contohnya ...
-
Parasit adalah ... contohnya ....
REPRODUKSI BAKTERI
RESPIRASI BAKTERI
a.
Aerob adalah ... contohnya ....
b.
Anaerob adalah ...
-
Anaerob obligat adalah ... contohnya ....
-
Anaerob fakultatif adalah ... contohnya ....
KLASIFIKASI BAKTERI
1. Eubacteria
Ciri utama eubacteria adalah ...
a.
Proteobacteria, ciri utamanya adalah ... contohnya ... berperan ....
b.
Bakteri gram
positif, ciri utamanya adalah ... contohnya ... berperan ....
c.
Cyanobacteria, ciri utamanya adalah ... contohnya ... berperan ....
d.
Spirocheta, ciri utamanya adalah ... contohnya ... berperan ....
e. Chlamydia, ciri utamanya adalah ... contohnya ... berperan ....
2. Archaebacteria
Ciri utama archaebacteria adalah ....
a. Bakteri methanogen adalah ... contohnya ... berperan ....
b. Bakteri halofil adalah ... contohya ... berperan ....
c. Bakteri termofil/termoasidofil adalah ... contohnya ... berperan ....
PEMBIAKAN BAKTERI
1.
Pour plate (tehnik
cawan tuang), dengan cara : ....
2.
Streak plate (tehnik
lempeng gores), dengan cara : ....
PENGECATAN/PEWARNAAN BAKTERI
Berdasarkan dinding selnya
1.
Bakteri gram positif,
berwarna ... jika ....
2.
Bakteri gram
negatif, berwarna ... jika ....
PENANGGULANGAN BAKTERI
1.
Sterilisasi adalah ... contohnya ....
2.
Perlindungan dari
bahaya bakteri dengan cara ....
3.
Pengolahan dan
teknologi pengawetan makanan, dengan cara ... contohnya ....
PERANAN BAKTERI
1.
Menguntungkan
a. Bakteri pembuat yogurt ....
b. Bakteri pembuat nata de coco ....
c. Bakteri pembuat kecap ....
d. Bakteri pembuat keju ....
e. Bakteri pembuat mentega ....
f. Bakteri yang berperan sebagai antibiotik ....
g. Bakteri pembuat acar dan asinan sayuran ....
h. Bakteri pembuat asinan buah-buahan ....
2. Merugikan
a. Vibrio cholerae
b. Salmonella
typhosa
c. Diplococcus
pneumoniae
d. Shigella
dysentriae
e. Clostridium
botulinum
f. Mycobacterium
tuberculosis
g. Neisseria
gonorhoeae
h. Triponema
palidum
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek
Sumber gambar :
https://biologijuara.blogspot.com/2018/11/kingdom-monera-kelas-x-semester-1_54.html, diunduh pada tanggal 10 Oktober 2022 Pukul 21.18
https://sarifahratnasari.blogspot.com/2016/12/morfologi-fisiologi-struktur-bakteri.html, diunduh pada tanggal 10 Oktober 2022 Pukul 21.40
http://pustaka.pandani.web.id/2014/02/alat-gerak-bakteri.html, diunduh pada tanggal 10 Oktober 2022 Pukul 21.40
https://makalahqu.blogspot.com/2016/01/bab1-a.html, diunduh pada tanggal 10 Oktober 2022 Pukul 22.00
https://www.quipper.com/id/blog/mapel/biologi/reproduksi-bakteri-biologi-kelas-10/, diunduh pada tanggal 10 Oktober 2022 Pukul 22.06
https://www.hokishoptaiwan.com/category/13/subcategory/487/product/7419,
diunduh pada tanggal 10 Oktober 2022 Pukul 22.07
https://www.walmart.com/ip/Dannon-Creamy-Blended-Nonfat-Yogurt-Strawberry-Strawberry-Banana-4oz-12-pack/762042238,
diunduh pada tanggal 10 Oktober 2022 Pukul 22.07
https://babab.net/artikel/rekomendasi-merk-dan-harga-keju-cheddar-murah-berkualitas.html,
diunduh pada tanggal 10 Oktober 2022 Pukul 22.08
https://www.amazon.com/Blue-Band-Mentega-Margarine-Spread/dp/B088YQBH17,
diunduh pada tanggal 10 Oktober 2022 Pukul 22.07
https://www.21food.com/products/raw-nata-de-coco-nata-de-coco--2174401.html,
diunduh pada tanggal 10 Oktober 2022 Pukul 22.07
Comments
Post a Comment