KERANGKA MATERI PERANAN BAKTERI


Kerangka Materi Biologi SMA Kelas 10

PERANAN BAKTERI

Melalui penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning dan PjBL _ STREAM dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, peserta didik mampu :

Tujuan Pembelajaran :

1. Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri bakteri (struktur, cara hidup, reproduksi) dan peran bakteri dalam kehidupan dalam bentuk replika/skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis.

2. Peserta didik melakukan penanggulangan dari bakteri di lingkungan SMAN 1 Rancaekek  dalam bentuk fllyer/video dengan kreatif.

sehingga peserta didik mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).


INDIKATOR :

1Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri bakteri (struktur, bentuk, alat gerak, cara hidup, reproduksi)

2. Peserta didik menganalisis klasifikasi bakteri

3. Peserta didik menganalisis koloni bakteri dari pembiakan bakteri (pour plate dan streak plate) bakteri Escherichia coli toilet SMAN 1 Rancaekek

4. Peserta didik menganalisis  Cyanobacteria air kolam SMAN 1 Rancaekek

5. Peserta didik membuat pewarnaan pada dinding sel bakteri pembusuk makanan kentang dan agar-agar

6. Peserta didik mengevaluasi penanggulangan bakteri Escherichia coli di toilet SMAN 1 Rancaekek

7. Peserta didik membuat salah satu produk peranan bakteri menguntungkan


A.      PENGERTIAN

Ilmu tentang bakteri adalah bakteriologi.

Bakteri berasal dari kata bacterion yang artinya batang kecil.

Eubacteria berasal kata eu yang artinya sejati, dan bacterion.

Archaebacteria berasal dari kata archaio yang artinya kuno.

Bakteri adalah mikroorganisme yang bersel satu (uniseluler), tidak memiliki membran inti sel (prokariotik), dan hidup di mana-mana (kosmopolit).

 

B.      CIRI UMUM

1.       Mikroskopik

2.       Prokariotik (tidak memiliki membran inti sel)

3.       Uniseluler (ada yang soliter, ada juga yang berkoloni)

4.       Memiliki dinding sel peptidoglikan

5.       Memiliki lapisan lendir

6.       Membentuk endospora jika kondisi lingkungan buruk

7.       Anaerobik dan aerobik

8.       Fotoautotrof atau heterotrof

9.       Berepduksi secara aseksual dan seksual

10.   Kosmopolit

 

CIRI KHUSUS

1.       Bentuk

a.       Bacillus (moobacillus, diplobacillus, streptobacillus)

b.      Coccus (monococcus, diplococcus, streptococcus, staphylococcus, tetracoccus, sarcina)

c.       Spirillum (vibrio, spiral, spiroseta)

2.       Struktur

a.       Flagelum

b.      Lapisan lendir/kapsul  

c.       Pili/fimbriae

d.      Dinding sel

e.      Membran sel

f.        Sitoplasma

g.       Plasmid

h.      Ribosom

i.         Granula

j.        Mesosom

3.       Alat gerak

a.       Atrik

b.      Monotrik

c.       Amfitrik

d.      Lopotrik

e.      Peritrik

4.       Cara hidup

a.       Autotrof

-          Fotoautotrof

-          Kemoautotrof

b.      Heterotrof

-          Saprofit

-          Parasit

5.       Reproduksi

a.       Aseksual/vegetatif

-          Pembelahan biner/amitosis

b.      Seksual/generatif/paraseksual

-          Transformasi

-          Transduksi

-          Konjugasi

6.       Respirasi

a.       Aerob

b.      Anaerob

-          Anaerob obligat

-          Anaerob fakultatif

 

C.      KLASIFIKASI

1.       Eubacteria :

a.       Proteobacteria

b.      Bakteri gram positif

c.       Cyanobacteria

d.      Spirocheta

e.      Chlamydia

 

CYANOBACTERIA (BAKTERI HIJAU BIRU)

Adalah bakteri yang memili klorofil a dan karotenoid yang mengandung pigmen  fikobilin, dapat melakukan fotosintesis, ada yang uniseluler (soliter atau berkoloni), ada juga yang multiseluler (bentuk benang/filamen).

 

2.       Archaebacteria

Bakteri yang hidup di tempat ekstrim, tidak memiliki dinding sel peptidoglikan, merupakan bakteri gram negatif.

a.       Bakteri methanogen

b.      Bakteri halofil

c.       Bakteri termofil/termoasidofil

 

D.      PEMBIAKAN BAKTERI

1.       Pour plate (tehnik cawan tuang)

2.       Streak plate (tehnik lempeng gores)

 

E.       PENGECATAN/PEWARNAAN BAKTERI

Berdasarkan dinding selnya

1.       Bakteri gram positif, berwarna ungu

2.       Bakteri gram negatif, berwarna merah

 

F.       PENANGGULANGAN BAKTERI

1.       Sterilisasi

2.       Perlindungan dari bahaya bakteri

3.       Pengolahan dan teknologi pengawetan makanan

 

G.     PERANAN

1.       Menguntungkan, dalam proses pembuatan makanan, antibiotik, dll.

2.       Merugikan, penyebab penyakit pada manusia, tumbuhan maupun hewan, dll.




                                                                   by Ai Rohimah, S.Pd

                                                          Guru Biologi SMA Negeri Rancaekek

 

Sumber :

Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 1. Esis. Jakarta. Erlangga.

Pratiwi, D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Irnaningtiyas. 2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.

Safitri, Ririn. 2016. Biologi X. Surakarta. CV Mediatama.

Sri Sayeki, Naniek. 2015. Biologi 1. Jakarta. CV Arya Duta.

Artanti. 2020. Modul Pembelajaran SMA Biologi Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jakarta. Kemendikbud.

Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Guru IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.

Ratna Puspaningsih, Ayuk. dkk. 2021. Buku Panduan Siswa IPA. Jakarta. Kemendikbudristek.

  

Comments

Popular posts from this blog

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

ATP BIOLOGI FASE E TA 2024-2025

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP