PROGRAM SEMESTER BIOLOGI FASE E TA 2024-2025
PROGRAM SEMESTER GANJIL
TAHUN PELAJARAN
2024-2025
Mata Pelajaran : Biologi Kelas/Semester : X
/ Ganjil |
|
Fase :
E Alokasi Waktu : 3 JP |
No |
Tujuan
Pembelajaran & Indikator |
Alokasi Waktu |
Juli |
Agustus |
September |
Oktober |
November |
Desember |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1. |
Klasifikasi
Makhluk Hidup Tujuan
Pembelajaran |
10 JP + 5 JP P5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Peserta didik menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam
5 kingdom dalam bentuk tabel/skema/uraian/gambar dengan gotong royong |
||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
Peserta didik menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi
makhluk hidup dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis |
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
c.
Mengelompokkan
protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam
kehidupan dalam bentuk peta konsep (mind mapping)/tabel/uraian dengan kreatif |
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
d.
Mengelompokkan
tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan
peranannya dalam kehidupan dalam bentuk peta konsep (mind mapping)/tabel/uraian
dengan kreatif |
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
e.
Mengelompokkan
hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh,
dan reproduksi dalam bentuk peta konsep (mind mapping)/tabel/uraian dengan
kreatif |
||||||||||||||||||||||||||||||||
Sumatif 1 |
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
2. |
Peranan Virus Tujuan
Pembelajaran |
8 JP + 4 JP P5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Peserta didik menganalisis struktur, reflikasi, dan peran virus dalam
kehidupan dalam bentuk gambar/replika/skema/uraian dengan mandiri. |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
b.
Peserta didik melakukan kampanye (peranan virus berbahaya) tentang bahaya
virus (cara menjaga diri dari bahaya virus dan cara menanggulangi bahaya
virus) dalam kehidupan berdasarkan tingkat virulesinya dalam bentuk
skema/uraian/gambar dengan kreatif. |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
Sumatif 2 |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
3. |
Peranan
Bakteri Tujuan
Pembelajaran |
8 JP + 4 JP P5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri bakteri (struktur, cara hidup,
reproduksi) dan peran bakteri dalam kehidupan dalam bentuk
skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
b.
Peserta didik membuat salah satu produk peranan bakteri dalam kehidupan
dalam bentuk sabun kefir dengan gotong royong |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
Sumatif 3 |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
4. |
Peranan Fungi Tujuan
Pembelajaran |
8 JP + 4 JP P5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Peserta didik mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri (struktur, cara
reproduksi) dan mengaitkannya dalam kehidupan dalam bentuk
skema/uraian/gambar dengan kreatif |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
b.
Peserta didik menyajikan laporan hasil investigasi tentang keaekaragaman
jamur dan peranannya dalam kehidupan dalam bentuk laporan dengan gotong
royong |
|
|
|
|
|
|||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||||
Sumatif 4 |
|
|
|
|
|
|
||||||||||||||||||||||||||
|
CADANGAN |
0 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
34 JP + 17 JP P5 TOTAL 51 JP |
|
|
|
2 + 1 = 3 |
|
2 + 1 = 3
|
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
|
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
|
2 + 1 = 3 |
|
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
|
|
|
|
|
|
Keterangan :
|
Libur
semester genap Tahun Pelajaran 2023-2024 |
|
Masa
Pengenalan Lingkungan Sekolah 2024-2025 |
|
Penilaian
Sumatif Tengah Semester 2024-2025 |
|
Perkiraan
Penilaian Sumatif Akhir Tahun 2024-2025 |
|
Pembagian
Rapor Semester 1 Tahun 2024-2025 |
|
Libur
Semester Ganjil 2024-2025 |
|
Tidak
ada minggu kelima |
PROGRAM SEMESTER GENAP
TAHUN PELAJARAN
2024-2025
Mata Pelajaran : Biologi Kelas/Semester : X
/ Genap |
|
Fase :
E Alokasi Waktu : 3 JP |
No |
Tujuan
Pembelajaran & Indikator |
Alokasi Waktu |
Januari |
Pebruari |
Maret |
April |
Mei |
Juni |
||||||||||||||||||||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
|||
1. |
EKOSISTEM Tujuan
Pembelajaran |
10 JP + 5 JP P5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a.
Peserta didik
menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen
tersebut dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis |
||||||||||||||||||||||||||||||||
b.
Peserta didik
menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem
(jaring-jaring makanan, siklus biogeokimia) dalam bentuk skema/uraian/gambar
dengan bergotong royong |
||||||||||||||||||||||||||||||||
Sumatif 1 |
||||||||||||||||||||||||||||||||
2. |
PERUBAHAN
LINGKUNGAN Tujuan
Pembelajaran |
8 JP + 4 JP P5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Peserta didik menganalisis data perubahan
lingkungan, penyebab dan dampaknya bagi kehidupan dalam bentuk tabel/skema/uraian dengan
gotong royong. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Peserta didik melakukan kampanye gagasan
pemecahan masalah perubahan lingkungan
yang terjadi di lingkungan sekitar dalam bentuk tulisan/gambar/simbol ajakan
menjaga lingkungan sekitar dengan kreatif. |
||||||||||||||||||||||||||||||||
Sumatif 2 |
||||||||||||||||||||||||||||||||
3. |
BIOTEKNOLOGI Tujuan
Pembelajaran |
10 JP + 5 JP P5 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
a. Peserta didik menganalisis prinsip-prinsip
bioteknologi dan penerapannya sebagai upaya peningkatan kesejahteraan manusia
dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan kreatif |
||||||||||||||||||||||||||||||||
b. Peserta didik menyusun laporan hasil percobaan
penerapan biotekologi konvensional berdasarkan scietific methode dalam bentuk
tulisan dengan gotong royong |
||||||||||||||||||||||||||||||||
Sumatif 3 |
||||||||||||||||||||||||||||||||
Cadangan |
0 |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Jumlah |
28 + 14 Total 42 |
|
|
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 + 3 |
|
|
|
|
|
|
|
|
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
|
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
2 + 1 = 3 |
|
2 + 1 = 3 |
|
|
|
|
Keterangan :
|
Libur
Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024-2025 |
|
Awal
Semester Genap 2024-2025 |
|
Perkiraan
Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap Tahun 2024-2025 |
|
Ujian
Akhir Jenjang (Kelas XII) 2024-2025 |
|
Penumbuhan
Budi Pekerti 2024-2025 |
|
Penilaian
Sumatif Akhir Semester Genap 2024-2025 |
|
Pembagian
Rapor Semester Genap 2024-2025 |
|
Tidak
ada minggu kelima |
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMAN 1 Rancaekek
Comments
Post a Comment