PROGRAM SEMESTER BIOLOGI FASE E TA 2024-2025


 

 

PROGRAM SEMESTER GANJIL

TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 

Mata Pelajaran       : Biologi

Kelas/Semester      : X / Ganjil

 

Fase          : E

Alokasi Waktu   : 3 JP

 

No

Tujuan Pembelajaran & Indikator

Alokasi Waktu

Juli

Agustus

September

Oktober

November

Desember

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1.

Klasifikasi Makhluk Hidup

Tujuan Pembelajaran

10 JP

+

5 JP P5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Peserta didik menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam 5 kingdom dalam bentuk tabel/skema/uraian/gambar dengan gotong royong

b.   Peserta didik menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis

 

 

 

 

c.    Mengelompokkan protista berdasarkan ciri-ciri umum kelas dan mengaitkan peranannya dalam kehidupan dalam bentuk peta konsep (mind mapping)/tabel/uraian dengan kreatif

 

 

 

 

d.   Mengelompokkan tumbuhan ke dalam divisio berdasarkan ciri-ciri umum, serta mengaitkan peranannya dalam kehidupan dalam bentuk peta konsep (mind mapping)/tabel/uraian dengan kreatif

 

 

 

 

e.    Mengelompokkan hewan ke dalam filum berdasarkan lapisan tubuh, rongga tubuh simetri tubuh, dan reproduksi dalam bentuk peta konsep (mind mapping)/tabel/uraian dengan kreatif

Sumatif 1

 

 

 

 

2.

Peranan Virus

Tujuan Pembelajaran

8 JP

+

4 JP P5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Peserta didik menganalisis struktur, reflikasi, dan peran virus dalam kehidupan dalam bentuk gambar/replika/skema/uraian dengan mandiri.

 

 

 

 

 

b.   Peserta didik melakukan kampanye (peranan virus berbahaya) tentang bahaya virus (cara menjaga diri dari bahaya virus dan cara menanggulangi bahaya virus) dalam kehidupan berdasarkan tingkat virulesinya dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan kreatif.

 

 

 

 

 

Sumatif 2

 

 

 

 

 

3.

Peranan Bakteri

Tujuan Pembelajaran

8 JP

+

4 JP P5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Peserta didik mengidentifikasi ciri-ciri bakteri (struktur, cara hidup, reproduksi) dan peran bakteri dalam kehidupan dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis

 

 

 

 

 

b.   Peserta didik membuat salah satu produk peranan bakteri dalam kehidupan dalam bentuk sabun kefir dengan gotong royong

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumatif 3

 

 

 

 

 

4.

Peranan Fungi

Tujuan Pembelajaran

8 JP

+

4 JP P5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Peserta didik mengelompokkan jamur berdasarkan ciri-ciri (struktur, cara reproduksi) dan mengaitkannya dalam kehidupan dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan kreatif

 

 

 

 

 

b.   Peserta didik menyajikan laporan hasil investigasi tentang keaekaragaman jamur dan peranannya dalam kehidupan dalam bentuk laporan dengan gotong royong

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumatif 4

 

 

 

 

 

 

 

CADANGAN

0

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

JUMLAH

34 JP

+

17 JP P5

TOTAL

51 JP

 

 

 

2

+

1

=

3

 

2

+

1

=

3

 

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

 

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

 

2

+

1

=

3

 

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

 

 

 

 

 

 


Keterangan :

 

Libur semester genap Tahun Pelajaran 2023-2024


 

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah 2024-2025


 

Penilaian Sumatif Tengah Semester 2024-2025


 

Perkiraan Penilaian Sumatif Akhir Tahun 2024-2025


 

Pembagian Rapor Semester 1 Tahun 2024-2025


 

Libur Semester Ganjil 2024-2025


 

Tidak ada minggu kelima

 

 

 PROGRAM SEMESTER GENAP

TAHUN PELAJARAN 2024-2025

 

Mata Pelajaran       : Biologi

Kelas/Semester      : X / Genap

 

Fase          : E

Alokasi Waktu   : 3 JP

 

No

Tujuan Pembelajaran & Indikator

Alokasi Waktu

Januari

Pebruari

Maret

April

Mei

Juni

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1

2

3

4

5

1.

EKOSISTEM

Tujuan Pembelajaran

10 JP

+

5 JP P5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Peserta didik menganalisis komponen-komponen ekosistem dan interaksi antar komponen tersebut dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis

b.   Peserta didik menyajikan karya yang menunjukkan interaksi antar komponen ekosistem (jaring-jaring makanan, siklus biogeokimia) dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bergotong royong

Sumatif 1

2.

PERUBAHAN LINGKUNGAN

Tujuan Pembelajaran

8 JP

+

4 JP P5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Peserta didik menganalisis data perubahan lingkungan, penyebab dan dampaknya bagi kehidupan  dalam bentuk tabel/skema/uraian dengan gotong royong.

b.   Peserta didik melakukan kampanye gagasan pemecahan masalah perubahan  lingkungan yang terjadi di lingkungan sekitar dalam bentuk tulisan/gambar/simbol ajakan menjaga lingkungan sekitar dengan kreatif.

Sumatif 2

3.

BIOTEKNOLOGI

Tujuan Pembelajaran

10 JP

+

5 JP P5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

a.    Peserta didik menganalisis prinsip-prinsip bioteknologi dan penerapannya sebagai upaya peningkatan kesejahteraan manusia dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan kreatif

b.   Peserta didik menyusun laporan hasil percobaan penerapan biotekologi konvensional berdasarkan scietific methode dalam bentuk tulisan dengan gotong royong

Sumatif 3

Cadangan

0

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jumlah

28

+

14

Total

42

 

 

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

+

3

 

 

 

 

 

 

 

 

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

 

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

2

+

1

=

3

 

2

+

1

=

3

 

 

 

 

 

Keterangan :

 

Libur Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2024-2025


 

Awal Semester Genap 2024-2025


 

Perkiraan Penilaian Sumatif Tengah Semester Genap Tahun 2024-2025


 

Ujian Akhir Jenjang (Kelas XII) 2024-2025


 

Penumbuhan Budi Pekerti 2024-2025


 

Penilaian Sumatif Akhir Semester Genap 2024-2025


 

Pembagian Rapor Semester Genap 2024-2025


 

Tidak ada minggu kelima

 

 by Ai Rohimah, S.Pd

Guru Biologi SMAN 1 Rancaekek   

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Comments

Popular posts from this blog

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD 9 SISTEM KOORDINASI