BIOLOGI SMA KELAS X LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP KOMPETENSI DASAR : 3.3. Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom. 4.3. Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup. TUJUAN PEMBELAJARAN : Melalui penerapan Model Pembelajaran Discovery Learnin g dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab , dan presentasi , siswa mampu menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom dan mampu menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup , sehingga siswa mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C). Pada Kompetensi Dasar sebelumnya kalian sudah memahami adanya persamaan maupun perbedaan ciri su...
BIOLOGI SMA KELAS X LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 1 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP TUJUAN PEMBELAJARAN : Melalui penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learnin g dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab , dan presentasi , peserta didik mampu 1. Menganalisis materi klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk peta konsep/uraian dengan mandiri 2. Menjelaskan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam lima kingdom dalam bentuk tabel/skema/uraian/gambar dengan gotong royong 3. Melakukan identifikasi pada tumbuhan dan hewan menggunakan kunci determinasi yaitu sistem kunci dikotom dengan bernalar kritis 4. Menyusun kladogram berdasarkan prinsip-prinsip klasifikasi makhluk hidup dalam bentuk skema/uraian/gambar dengan bernalar kritis sehingga peserta didik mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat men...
ALUR TUJUAN PEMBELAJARAN TAHUN AJARAN 2024-2025 Mata Pelajaran : IPA-Biologi Kelas/Semester : X / Ganjil Fase : E Alokasi Waktu : 3 J P CAPAIAN PEMBELAJARAN : Pada akhir Fase E, peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami sistem pengukuran, energi alternatif, ekosistem, bioteknologi, keanekaragaman hayati, struktur atom, reaksi kimia, hukum-hukum dasar kimia, dan perubahan iklim sehingga responsif dan dapat berperan aktif dalam menyelesaikan masalah pada isu-isu lokal dan global. Semua upaya tersebut diarahkan pada pencapaian tujuan pembangunan yang berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs). 1. PEMAHAMAN Peserta didik memahami proses klasifikasi makhluk hidup; peranan virus, bakteri, dan jamur dalam kehidupan; ekosistem dan interaksi antarkomponen serta fakt...
Comments
Post a Comment