Praktik Frekuensi Pernapasan
BIOLOGI SMA KELAS XI
Praktik Frekuensi Pernapasan
A. TUJUAN
Membuktikan faktor frekuensi pernapasan
B. BAHAN DAN ALAT
1. Stopwatch
2. Alat tulis
3. Model (bayi/anak, muda (remaja, boleh diri sendiri), tua (boleh nenek/kakek), laki-laki dan perempuan
(boleh ibu dan ayah)
C. CARA KERJA
1. Hitunglah pernapasan pada model usia bayi/anak menggunakan stopwatch, dengan memegang
dadanya selama 1 menit, diulang 3 kali
2. Hitunglah pernapasan pada model usia remaja (diri sendiri) menggunakan stopwatch, dengan langsung menghitung setiap helaan napas, selama 1 menit diulang 3 kali
3. Hitunglah pernapasan pada model usia tua (nenek atau kakek)menggunakan stopwatch, dengan langsung menghitung setiap helaan napas, selama 1 menit diulang 3 kali
4. Hitunglah pernapasan pada model jenis kelamin laki-laki (ayah atau kakak laki-laki atau diri sendiri laki-laki) dan perempuan (ibu atau kakak perempuan atau diri sendiri perempuan) menggunakan stopwatch, dengan langsung menghitung setiap helaan napas, selama 1 menit diulang 3 kali
5. Hitunglah pernapasan saat duduk (boleh model diri sendiri), menggunakan stopwatch, dengan langsung menghitung setiap helaan napas, selama 1 menit diulang 3 kali
6. Hitunglah pernapasan saat berdiri (boleh model diri sendiri), menggunakan stopwatch, dengan langsung menghitung setiap helaan napas, selama 1 menit, diulang 3 kali
7. Hitunglah pernapasan saat duduk (boleh model diri sendiri), menggunakan stopwatch, dengan langsung menghitung setiap helaan napas, selama 1 menit diulang 3 kali
8. Hitunglah pernapasan saat setelah berjalan 10 menit (boleh model diri sendiri, boleh jalan di tempat), menggunakan stopwatch, dengan langsung menghitung setiap helaan napas, selama 1 menit diulang 3 kali
9. Hitunglah pernapasan saat setelah berlari 10 menit (boleh model diri sendiri, boleh lari di tempat), menggunakan stopwatch, dengan langsung menghitung setiap helaan napas, selama 1 menit diulang 3 kali
D. DATA HASIL PENGAMATAN
No |
Model dan aktivitas |
Menit 1 |
Menit 2 |
Menit 3 |
Rata-rata |
1. |
Usia bayi/ anak |
|
|
|
|
|
Usia remaja |
|
|
|
|
|
Usia tua |
|
|
|
|
|
Laki-laki |
|
|
|
|
|
Perempuan |
|
|
|
|
2. |
Duduk |
|
|
|
|
|
Berjalan |
|
|
|
|
|
Berlari |
|
|
|
|
E. ANALISIS DATA HASIL PENGAMATAN
1. Model usia manakah yang menunjukkan frekuensi pernapasan paling lambat dan paling cepat?
2. Model jenis kelamin manakah yang menunjukkan frekuensi pernapasan paling lambat dan paling cepat?
3. Jenis aktivitas apakah yang menunjukkan frekuensi pernapasan paling lambat dan paling cepat?
F. KESIMPULAN
G. REFLEKSI
Selamat Bekerja!!!
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek
Sumber :
Nurhayati, Nunung. Azmi, Syaiful. Suryati, Teti. 2014. Biologi XI. Bandung. Yrama Widya.
Comments
Post a Comment