LKPD 2 Keanekaragaman Hayati di Indonesia
BIOLOGI SMA KELAS X
LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK 2
KEANEKARAGAMAN HAYATI DI INDONESIA
KOMPETENSI DASAR :
3.2. Menganalisis
berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia beserta ancaman dan
pelestariannya.
4.2. Menyajikan
hasil observasi berbagai tingkat keanekaragaman hayati di Indonesia dan usulan
upaya pelestariannya.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Melalui penerapan
Model Pembelajaran Project Based Learning
Sintak George Lucas dengan
menggunakan Pendekatan Saintifik dan
metode diskusi, penugasan, tanya jawab,
dan presentasi, siswa mampu menganalisis berbagai tingkat keanekaragaman hayati di
Indonesia beserta ancaman dan pelestariannya dan mampu
menyajikan hasil observasi berbagai tingkat
keanekaragaman hayati di Indonesia dan usulan upaya pelestariannya, sehingga siswa mampu beriman,
bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global,
bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat
mengembangkan kemampuan berpikir kritis,
berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).
Makhluk hidup yang kalian temui setiap hari sangat bermacam-macam, di mana setiap makhluk hidup yang kalian temui tentunya memiliki ciri-ciri khusus maupun iri-ciri umum. Dari setiap makhluk hidup yang kalian temui menunjukkan kesamaan ciri maupun perbedaan ciri. Kesamaan atau keseragaman adalah ciri yang sama yang terdapat dalam satu jenis makhluk hidup, sedangkan keanekaragaman antara lain ditunjukkan oleh variasi bentuk, ukuran, jumlah (frekuensi), warna, dan sifat lain makhluk hidup.
Buatlah beberapa pertanyaan berkaitan dengan informasi di atas!
Keanekaragaman hayati (Biodioversitas) adalah ....
Keanekaragaman hayati terdiri dari tiga tingkat yaitu kenaekaragaman tingkat gen keanekaragaman tingkat spesies/jenis, keanekaragaman tingkat ekosistem.
Keanekaragaman yang ditunjukkan oleh variasi bentuk dan fungsi gen adalah kenaekaragaman tingkat ....
Keanekaragaman yang ditunjukkan oleh variasi dari jenis/spesies adalah keanekaragaman tingkat ....
Keanekaragaman yang ditunjukkan oleh variasi interaksi antara makhkuk hidup dengan lingkungan baik lingkungan biotik (interaksi antar makhluk hidup) maupun abiotik (komponen fisik, komponen kimia) dan interaksi abiotik dan biotik (makhluk hidup dengan komponen kimia maupun komponen fisik) adalah keanekaragaman tingkat ....
Gambar a menunjukkan keanakeragaman tingkat ....
Gambar b menunjukkan keanekaragaman tingkat ....
Gambar c menunjukkan keanekargaman tingkat ....
Sebutkan beberapa tumbuhan/hewan yang hanya ada di Indonesia (Endemik) yang memiliki variasi tingkat gen ...
Sebutkan beberapa kelompok tumbuhan/hewan yang memiliki variasi tingkat jenis/spesies ....
Sebutkan beberapa tipe ekositem (beserta letak tempatnya) yang hanya ada di Indonesia ...
Indonesia memiliki keanekaragaman endemik flora (palem, penghasil kayu, tumbuhan berbuga, jamur, paku-pakuan) dan fauna (mamalia, reptil, burung, amfibi, invertebrata) juga mikroorganisme (jamur, bakteri) yang tinggi, dan memiliki keunukan pola persebaran keanekaragaman hayati zona oriental dan zona australia juga zona peralihan yang dinamakan garis Wallace dan garis Weber.
Jelaskan mengenai garis Wallace berkaitan dengan pola pesebaran keanekaragaman flora dan fauna Indonesia!
Pengertian garis Wallace
Wilayah garis Wallace
Flora garis Wallace
Fauna garis Wallace
Jelaskan mengenai garis Weber berkaitan dengan pola persebaran keanekaragaman flora dan fauna Indonesia!
Pengertian garis Weber
Wilayah garis Weber
Flora garis Weber
Fauna garis Weber
Zona peralihan (pengertian, wilayah, flora, fauna)
Tuliskan ciri utama hutan hujan tropis!
Keanaekargaman hayati tentu sangat bermanfaat bagi kehidupan, baik sebagai sumber papan,sandang, papan, sebagai sumber obat-obatan dan kosmetik, sebagai sumber plasma nutfah, manfaat ekonomi, manfaat ekologi dan manfaat ilmu pengetahuan.
Tuliskan satu jenis tumbuhan atau hewan atau mikroorganisme endemik mulai dari nama umum (nama Indonesia), nama ilmiah (beserta klasifikasi), kandungan, manfaat (berkaitan dengan kandungan)!
Keanekaragaman hayati dapat mengalami perubahan, baik secara alami maupun secara buatan oleh manusia. Perubahan tersebut dapat bersifat positif maupun negatif bagi kehidupan, sehingga perlu adanya pelestarian keanekaragaman hayati. Di Indonesia upaya pelestarian dilakukan dengan beberapa cara :
Perlindungan alam secara insitu dan eksitu (jelaskan perbedaannya), dengan membuat ....
Pengawetan hutan dengan cara ....
Perlindungan margasatwa dengan cara ....
Menambah keanekaragaman hayati dengan cara ...
by Ai Rohimah, S.Pd
Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek
Sumber :
Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 1. Esis. Jakarta. Erlangga.
Pratiwi, D.A. dkk. 2017. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.
Irnaningtiyas. 2016. Biologi 1. Jakarta. Erlangga.
Safitri, Ririn. 2016. Biologi X. Surakarta. CV Mediatama.
Sri Sayeki, Naniek. 2015. Biologi 1. Jakarta. CV Arya Duta.
Pujiyanto, Sri. Siti Ferniah, Rejeki. 2016. Menjelajahi Dunia Biologi 3. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Sumber gambar :
https://dosenpertanian.com/jenis-tumbuhan-paku/, diunduh tanggal 29 Agustus 2022 pukul 21.41
https://bibitonline.com/artikel/jenis-tanaman-obat-herbal-khas-indonesia, diunduh tanggal 29 Agustus 2022 pukul 21.48
https://www.gurugeografi.id/2017/07/peta-sebaran-fauna-indonesia-menurut.html, diunduh tanggal 29 Agustus pukul 21.57
https://www.goodnewsfromindonesia.id/2018/12/23/foto-cerita-semut-rang-rang-si-satwa-pekerja-keras, diunduh tanggal 29 Agustsu 2022 pukul 22.04
Comments
Post a Comment