LKPD 1 Sel


 

BIOLOGI SMA KELAS XI

LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD)

BAB 1 SEL

KOMPETENSI DASAR :

3.1. Menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan.

3.2. Menyajikan hasil pengamatan mikroskopik struktur sel hewan dan sel tumbuhan sebagai unit terkecil kehidupan.

 

TUJUAN PEMBELAJARAN :

Melalui penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Sintak George Lucas dengan menggunakan Pendekatan Saintifik dan metode diskusi, penugasan, tanya jawab, dan presentasi, siswa mampu menjelaskan komponen kimiawi penyusun sel, struktur, fungsi, dan proses yang berlangsung dalam sel sebagai unit terkecil kehidupan dan mampu menyajikan hasil pengamatan mikroskopik struktur sel hewan dan sel tumbuhan sebagai unit terkecil kehidupan, sehingga siswa mampu beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berkebinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif, serta dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis, berkomunikasi, berkolaborasi, berkreasi (4C).

Perhatikan Gambar Berikut!

Berapakah jumlah sel dalam tubuh kita? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebuah penelitian telah dilakukan oleh tim ilmuwan dari Itlia, Yunani, dan Spanyol, menerbitkan studi teranyar dalam Annals of Human Biology dengan judul studi “Perkiraan Jumlah sel dalam Tubuh Manusia”.

Penulis studi memperkirakan jumlah sel di tubuh dengan secara kasar berdasarkan organ dan jenis sel. Mereka tidak mencoba menghitung mikroba yang juga ada di dalam tubuh kita yang hanya menempel pada tubuh manusia.

Peneliti telah menjelajahi litelatur ilmiah guna mempelajari secara detail tentang volume dan kepadatan sel dalam kantung empedu, sendi lutut, usus, tulang sumsum, dan banyak jaringan lain. Mereka memperkirakan jumlah setiap jumlah dari setiap sel dalam setiap jenis sel, bahwa kita (manusia) memiliki 50 miliar sel lemak dan 2 miliar sel otot jantung. Jika menambahkan angka tersebut ke dalam semua angka maka perkiraan jumlah sel mencapai 37,2 triliun sel. Memang ini bukanlah jumlah akhir, tetapi ini merupakan awal langkah yang baik.

Meski demikian, para ilmuwan menyatakan dengan keyakinan besar bahwa estimasi umum dari sel-sel dalam tubuh manusia yang diperkirakan berjumlah triliunan sel merupakan persepsi yang salah. Namun, mereka melihat perkiraan tersebut membuka kesempatan untuk kerja sama, melalui data base online yang dirakit oleh banyak ahli pada bagian tubuh yang berbeda, untuk dapat mendapatkan perkiraan yang lebih baik dan mendekati akurat.

Buatlah beberapa pertanyaan berkaitan dengan informasi di atas!

Pertanyaan :

1.       Jelaskan penemuan sel oleh :

a.       Robert Hooke

b.      Robert Brown

c.       Schleiden & Schwann

2.       Jelaskan pengertian sel!

3.       Sebutkan 5 komponen kimiawi penyusun sel!

4.       Jelaskan 3 fungsi utama sel

5.       Sebutkan 2 tipe sel berdasarkan ada tidaknya membran inti sel! Jelaskan dan berikan contoh!

6.       Sebutkan 5 tipe sel berdasarkan ukuran dan bentuknya!

7.       Sebutkan struktur/bagian-bagian sel secara lengkap!


BUATLAH KELOMPOK MENJADI 6 KELOMPOK 

Kelompok 1, 2, 3, praktik menemukan sel tumbuhan, panduan praktik pada link : https://www.biologismaaraa.id/2022/07/praktik-menemukan-sel-tumbuhan.html

Kelompok 4, 5, 6, praktik menemukan sel hewan, panduan praktik pada link : https://www.biologismaaraa.id/2022/07/praktik-menemukan-sel-hewan.html


BUAT KELOMPOK MENJADI 14 KELOMPOK KECIL

Kelompok 1 . Struktur dan fungsi membran sel

Kelompok 2. Struktur dan fungsi sitoskeleton

Kelompok 3. Struktur dan fungsi dinding sel

Kelompok 4. Struktur dan fungsi sitoplasma

Kelompok 5. Struktur dan fungsi ribosom

Kelompok 6. Struktur dan fungsi inti sel

Kelompok 7. Struktur dan fungsi retikulum endoplasma

Kelompok 8. Struktur dan fungsi badan golgi

Kelompok 9. Struktur dan fungsi lisosom

Kelompok 10. Struktur dan fungsi mitokondria

Kelompok 11. Struktur dan fungsi badan mikro

Kelompok 12. Struktur dan fungsi sentrosom

Kelompok 13. Struktur dan fungsi vakuola

Kelompok 14. Struktur dan fungsi plastida


KERJAKAN TABEL BERIKUT



                               by Ai Rohimah, S.Pd

                               Guru Biologi SMA Pasundan Rancaekek

 

Sumber gambar :

http://feri-3797.blogspot.com/2014/06/peranan-bakteri-escherichia-coli-bagi.html diunduh tanggal 30 Juli 2022 pukul 14.47

https://norialgae.blogspot.com/2018/01/eucheuma.html  diunduh tanggal 30 Juli 2022 pukul 14.48

https://www.greeners.co/flora-fauna/jamur-kuping-merah-jelly-fungi-yang-berguna-bagi-kesehatan/ diunduh tanggal 30 Juli 2022 pukul 14.48

https://www.grosirbibittanaman.co.id/alasan-kenapa-pohon-kelengkeng-tidak-berbuah/ diunduh tanggal 30 Juli 2022 pukul 14.48

https://semutaspal.com/hewan-amfibi/ diunduh tanggal 30 Juli 2022 pukul 14.49


Sumber :

Aryulina, Diah. dkk. 2007. Biologi 2. Esis. Jakarta. Erlangga.

Nurhayati, Nunung. Azmi, Syaiful. Suryati, Teti. 2014. Biologi XI. Bandung. Yrama Widya.

Sri Lestari, Endang. Kistinnah, Idun. 2010. Biologi XI. Bandung. Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasioanal.

Pratiwi, D.A. dkk. 2012. Biologi XI. Jakarta. CV Erlangga.

Irnaningtyas. Istiadi, Yossa. 2016. Biologi XI. Jakarta. Erlangga.

Sri Sayeki, Naniek. 2017. Biologi XI. Jakarta. CV Arya Duta.

Pujiyanto, Sri. Siti Ferniah, Rejeki. 2016. Menjelajahi Dunia Biologi 2. Solo. PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.

 

Comments

Popular posts from this blog

LKPD 3 KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

LKPD KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP

ATP BIOLOGI FASE E TA 2024-2025